Peringatan Hari Buruh di Sikka Tanpa Demo Buruh, Diisi Bazar UMKM, Jalan Sehat dan Sosialisasi Hubungan Industrial

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Penjabat Bupati Sikka memungut sampah pada peringatan Hari Buruh di Lapangan Kota Baru Maumere, Rabu (1/5/2024) pagi. Foto:Januarius Dunia.

FLORESPEDIA.ID-Dinas Nakertrans Kabupaten Sikka pada Rabu (01/05/2024) pagi menggelar kegiatan May Day memperingati Hari Buruh di Lapangan Umum Kota Baru Maumere Kabupaten Sikka.

Pantauan media ini, kegiatan ini dihadiri Penjabat Bupati Sikka Alfin Parera, Kadis Nakertrans Falerianus Samador, Kasat Pol PP Buang Da Cunha beserta Pimpinan OPD Pemda Sikka dan para pekerja perusahaan swasta.

Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera mengatakan, kegiatan peringatan Hari Buruh ini dilakukan hampir setiap tahun di seluruh Indonesia dan di tahun 2013 di jaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono May Day ini ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional.

Lanjutnya, pada peringatan May Day seperti kita lihat di mana-mana ditandai dengan demonstrasi namun di Kabupaten Sikka, pihaknya membangun kesepakatan dengan Kadis Nakertrans dan teman teman Serikat Pekerja untuk dibuat dalam bentuk yang lain.

“Karena dari konsep May Day sendiri itu membangun kesadaran kita secara kolektif antara pemberi dan penerima kerja akan hak akan upah yang adil dan sejahtera,” ungkap Alfin Parera, demikian ia akrab disapa.

Keterangan foto:Sosialisasi BPJS Kesehatan pada peringatan Hari Buruh di Lapangan Kota Baru Maumere, Rabu (1/5/2024) pagi. Foto:Januarius Dunia.

Lanjutnya, dalam semangat itu, pihaknya mencoba mengemas dalam kegiatan kegiatan positif.

“Pertama kita gelar Bazsar UMKM, jalan sehat, sosialisasi tentang hubungan industrial antara pencari kerja dan pemberi kerja,” jelasnya.

Selain itu, kata Alvin Parera, pihaknya juga melakukan kerja bakti di areal Lapangan Kota Baru dengan memungut sampah seperti botol air minum dan dos bekas yang berserahkan di dalam lapangan.

“Pagi tadi dalam sosialisasi dari Dinas Nakertrans juga sudah menyampaikan apa hak tenaga kerja, apa kewajiban tenaga kerja dan bagaimana penyelesaian perselisihan tenaga kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Nakertrans Valerianus Samador, menerangkan, kegiatan ini sudah dilaksanakan 2 hari mulai tanggal 30 April 2024 kemarin.

“Kemarin kegiatannya bazar dengan panggung hiburan, tadi malam memang luar biasa animo masyarakat kota Maumere itu dari pelaku pelaku UMKM, dan hari adalah perayaan puncak.

Pada hari puncal, Alada beberapa rangkaian acara seperti jalan sehat bersama melibatkan seluruh pekerja perusahaan dari kota ini, lalu ada juga Penjabat Bupati Sikka bersama pimpinan OPD. Usai itu, juga ada Senam Gembira.

Lalu masuk pada acara inti sosialisasi hubungan industrial antara pencari kerja dan pemberi kerja,” ungkap Valerianus Samador.

Ia juga mengatakan, rangkaian acara ditutup dengan penyerahan santunan jaminap kematian dengan jaminan hari tua.

“Ada 4 ahli waris tadi dan salah satunya adalah istri dari salah satu perangkat desa yang sudah meninggal yang menerima santunan,” ungkapnya.

Kontributor:Januarius Dunia
Editor:Mario WP Sina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *