Belajar dan Berbagi Praktik Baik P5, 17 SMA Ikut Gelar Karya yang Dilaksanakan MKKS Sikka

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Penjabat Sekda Sikka, Femy Bapa saat meninjau stand pameran produk SMA pada kegiatan P5 tingkat SMA/SMK/MA se-kabupaten Sikka, Sabtu (27/04/2024) pagi.

FLORESPEDIA.ID-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Sikka, pada Sabtu (27/04/2024) pagi menggelar kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tingkat SMA/SMK/MA se-kabupaten Sikka.

Kegiatan ini berlangsung di Pusat Jajanan Cendramata Kota Maumere.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sikka yang diwakili oleh Penjabat Sekda Sikka Femy Bapa.

Hadir dalam kegiatan ini Kordinator Pengawas SMA se-Kabupaten Sikka Mikael Maran, M.pd, Fasilitator P5, para kepala sekolah SMA dari 17 sekolah, guru-guru dan perwakilan siswa.

Pantauan media ini, para siswa dan guru-guru setiap sekolah memamerkan hasil produk mereka, ada berbagai macam aneka jenis produk yang di pemerkan.

Penjabat Sekda Sikka, Femy Bapa kepada media ini mengatakan, apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang sudah sangat baik dilaksanakan, baik itu panitia maupun keterlibatan semua sekolah.

“Ini memang hal yang sangat positif sekali terutama terkait dengan bagaimana penghayatan terhadap Pancasila itu sendiri, karena akhir akhir ini banyak sekali kejadian kejadian yang ada di tengah anak anak usia sekolah yang belum mendapatkan perhatian serius sehingga mereka perlu juga ada Kurikulum Merdeka ini dengan berbagai macam kegiatan yang menumbuhkan disiplin, dan pembentukan karakter”, ungkap Femy Bapa.

Ia juga menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan anak anak murid kedepannya agar bisa bersaing di dunia UMKM.

“Hasil pantauan saya keliling tadi banyak sekali produk produk yang sudah layak kita promosikan dan punya nilai jual,” ujar Femy Bapa.

Femy Bapa juga menuturkan kegiatan ini tentunya menjadi kewajiban Kabupaten Sikka meskipun kewenangannya di tingkat pemerintahan provinsi.

“Kita akan saling kordinasi dengan baik, kalau itu kemudian bisa meningkatkan nilai jual dan bisa mempromosikan Kabupaten Sikka, saya pikir kita perlu fasilitasi,” ujar Femy Bapa.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan yang juga adalah Kepala Sekolah SMAS Khatolik Alvares Paga Rm. H. Paskalis Mame, O.Carm melalui media ini, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka dan menjadi kesepakatan kepala sekolah untuk saling belajar dan berbagi praktek baik melalui kegiatan P5 ini.

“Yang aktif pertemuan untuk kegiatan ini 24 sekolah, dari 24 sekolah itu hanya 17 sekolah yang aktif dalam kegiatan hari ini, sedangkan 7 sekolah itu belum bisa ikut karena mungkin mereka belum menerapkan Kurikulum Merdeka ataupun belum memahami tema ini,” ungkap Paskalis.

Menurutnya, dalam pertemuan MKKS kegiatan ini pun akan terus di gelar di tahun tahun berikutnya sehingga bisa saling belajar dan berbagi praktek melalui P5 ini.

“Dari kelas P5 ini mungkin sekolah yang belum belajar mereka bisa belajar melalui kelas ini,” ujar Paskalis.

Kontributor:Januarius Dunia
Editor:Mario WP Sina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *