PHBI Sikka: 1000 Lebih Umat Muslim Mengikuti Shalat Id 1445 Hijriah

waktu baca 2 menit
Keterangan foto:Umat Muslim memadati Lapangan Kota Baru Maumere untuk mengikuti Shalat Id 1445 Hijriah, Rabu (10/4/2024) pagi. Foto oleh:Yanuarius Dunia.

FLORESPEDIA.ID-Sebanyak 1.000 lebih umat Muslim yang berasal dari berbagai wilayah Kabupaten Sikka pada Rabu (10/04/2024) pagi, memadati Lapangan Umum Kota Baru, Kota Maumere.

Pantauan media ini, Lapangan Kota Baru yang berada persis di depan Gereja GMIT Kalvari Maumere ini dipadati umat Muslim sejam sebelum pelaksanaan Shalat Id. Para jamaah sudah memasang tikar dan sajadah agar mendapatkan tempat di depan dalam Shalat Id.

Pada kesempatan itu, Khatib shalat Idul Fitri 1445 Hijriah, mengatakan, Idul Fitri adalah salah satu jalan menuju kemenangan umat Islam setelah melalui ujian selama puasa Ramadhan.

“Sebagai umat Muslim, kita juga harus memberikan kontribusi bagi pembangunan masjid, pembangunan pendidikan sekolah-sekolah Islam dari apa yang kita punya, sehingga kita juga selalu diberikan rezeki yang melimpah oleh Allah SWT,” ujarnya.

Ketua Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sikka, H Amir Djonu kepada media mengatakan, sekitar 1.000 lebih umat Muslim hadir dalam Shalat Id pagi ini di Lapangan Kota Baru Kota Maumere.

“Sekitar 1000 orang lebih, itu belum termasuk dengan Wuring dan Nangahure yang tertahan karena faktor Cuaca,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi dukungan umat dari agama lain, khususnya umat Khatolik yang turut menjaga keamanan pada saat malam Takbiran di Wuring.

Menurutnya, ini adalah bentuk toleransi antara umat beragama dan terus meningkat setiap tahunnya di Kabupaten Sikka ini.

Dalam Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah ini, hadir juga Pejabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera. Mewakili Pemkab Sikka, Adrianus Firminus Parera mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada semua umat Muslim Kabupaten Sikka.

“Saya mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk sama-sama berbenah diri dan selalu menjaga lingkungan Nian Tanah Sikka yang kita cintai ini,” ungkap nya.

Kontributor:Januarius Dunia.
Editor:Mario WP Sina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *