Kopdit Obor Mas Gelar Evaluasi Tahun Buku 2023 dan Perencanaan Tahun Buku 2024

waktu baca 3 menit

MAUMERE-KSP Kopdit Obor Mas menggelar kegiatan Evaluasi Tahun Buku 2023 dan Perencanaan Tahun Buku 2024 (Evaperca) yang berlangung dari tanggal 11-14 Maret 2024 di Hotel Wailiti, Kabupaten Sikka.

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Penjabat Bupati Sikka, Adrianus M.Parera, Ketua pengurus Kopdit Obor Mas dan jajarannya, ketua pengawas dan jajarannya, para penasihat Kopdit Obor Mas, GM Kopdit Obor Mas, Deputi PI dan Kepatuhan, Maganaer Area dan para Manajer Cabang dari 22 cabang dan utusannya.

Pada kesempatan itu, GM Kopdit Obor Mas, L. Frediyanto M. Lering, S.Ak, MM, mengatakan, peserta Evaperca sebanyak 160 orang, terdiri dari pengurus 19 orang, manajer 22 cabang dan staf pemasaran 85 orang, staf admin 16 orang, dan kantor pusat 18 orang.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk Evaluasi Tahun Buku 2023 yakni melihat kesuksesan yang tercapai serta mengevaluasi kekurangan di Tahun Buku 2023. Dengan kegiatan ini diharapkan ada komitmen pertobatan untuk bisa mengevaluasi segala hal yang terjadi selama tahun  buku 2023.

“Sebagai orang kristiani pertobatan itu adalah penyerahan diri terhadap Tuhan, berani serta fokus dan tekat untuk memperbaiki diri, serta kekuatan untuk mencapai kesempurnaan itu,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, dalam kegiatan evaperca ini juga kita akan membuat target dan rencana strategis untuk mencapai target tahun buku 2024.

“Dengan kegiatan evaperca ini pula kita akan menyusun RAPB masing-masing kantor cabang dan kantor pusat akan mengkonsolidasinya,” tambah Yanto, demikian ia disapa.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando mengatakan, sebelum kita melakukan evaluasi, saya mengajak kita sekalian untuk memberikan aplaus atas pencapaian luar biasa yang diraih KSP Kopdit Obor Mas yakni kembali mendapatkan opini WTP dari Kantor Akuntan Publik (KAP) RUDIANA.

 “Kita patut bersyukur atas komitmen kita sekalian untuk tetap menjalankan Amanat RAT yakni setiap tahun wajib diaudit harus diaudit sebelum melaksanakan RAT dan Audit dengan opini WTP ini diraih KSP Kopdit Obor Mas sudah 26 tahun yang dipersembahkan bagi segenap anggota.

Ia mengharapkan, dalam evaperca ini harus mampu mencari dan menemukan akar masalah yang menyebabkan target kita tidak tercapai. Akar tersebut mesti dicabut untuk menyelesaikannya sehingga bisa menyusun RAPB dengan baik.

Sementara itu, penjabat Bupati Sikka, Adrianus M.Parera mengatakan, sebagai pemerintah saya memberikan apresiasi yang tinggi bagi KSP Kopdit Obor Mas yang menjalankan kegiatan ini. Dan kalau tidak salah kegiatan evaperca ini sekaligus menyusun RAPB baru KSP Kopdit Obor Mas yang menjalankannya di Kabupaten Sikka ini.

“Saya mengajak segenap fungsionaris KSP Kopdit Obor Mas untuk bekerja dengan tidak  boleh mengeluh tetapi terus bersyukur. Karena pada prinsipnya kita mau lebih tetapi tidak bisa lebih maka harus tetap bersyukur. Saya selalu pemerintah juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian opini WTP yang kembali diraih oleh KSP Kopdit Obor Mas,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, dalam kegiatan ini perlu ditinjau terkait dua fungsi operatif manajemen yakni perencaan dan evaluasi serta mampu melakukan evaluasi formatif terkait target dan realisasi dan evaluasi sumatif untuk menilai hasil jangka panjang.

Dalam evaluasi ini pula harus mampu membedah beberapa masalah diantaranya masalah pokok, masalah khusus dan masalah spesifik. Masalah pokok itu ada pada top leader yakni general manager dan masalah khusus ada pada manager cabang serta masalah spesifik ada dalam diri staf.

“Dalam kegiatan ini pula mesti bisa ditemukan metode pemasaran yang bagus terkait produk dan layanan dan harus bisa menciptakan diferensiasi produk dan layanan karena kalian saat ini bersaing dengan lembaga keuangan lainnya,” harapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *