KAP Rudiana Lakukan Audit di Kopdit Obor Mas Selama 2 Minggu

waktu baca 2 menit

MAUMERE-Kantor Akuntan Publik Rudiana Fibriani yang beralamat di Surabaya akan melakukan general audit laporan keuangan KSP Kopdit Obor Mas per 31 Desember 2023 selama dua lminggu ke depan.

Tim audit terdiri dari; Rudiana Fibriani (Partner in Charge), Lilis Ardini (Supervisor), Nuril Muizzah (Ketua Tim), Widia Wahyu Ningrum (Anggota), Faizatul Ummah (Anggota) dan Bernicha Irnadianis Ifada (Anggota) serta Dody Lidi dari Puskopdit Swadaya Utama Maumere.

Sebelum melakukan audit tim ini didampingi pengurus dan general manager KSP Kopdit Obor Mas bertemu Pj Bupati Sikka dan juga mengunjungi Puskopdit Swadaya Utama Maumere.

Adapun audit ini sudah menjadi sebuah kewajiban rutin lembaga ini setelah tutup buku.

Menurut Rudiana Fibriani hal yang akan mereka audit diantaranya adalah Kas opname di kantor2 cabang, cek dan konfirmasi kas bank, cek fisik aset , konfirmasi piutang ke anggota (sampling), perjanjian kredit, kunjungan ktr cabang.

Rudiana dalam acara pembukaan di ruangan pengurus lantai dua Kantor Pusat KSP Kopdit Obor menyampaikan terima kasihh karena KSP Kopdit Obor Mas sudah mempercayakan mereka untuk melakukan audit.

Rudiana mengingatkan bahwa kehadiran mereka bukan sebagai polisi tetapi sebagai dokter yg akan memeriksa dan mendiagnosis serta memberikan resep untuk kesehatan lembaga ini.

Sementara itu general Manager KSP Kopdit Obor Mas, L. Frediyanto M. Lering mengungkapkan bahwa audit semacam ini sudah berjalan sejak tahun 1998 hingga saat ini.

Menurut Yanto, audit merupakan hal penting yg tidak bisa disepelekan karena dgn hasil audit, maka koperasi ini bisa menjadi koperasi yang terpercaya.

“Terbukti pemerintah bisa memberikan kepercayaan lebih yakni menjadi penyalur KUR dan itu salah satu bagian dari kelebihan audit,” ujarnya.

Yanto juga mengatakan bahwa sudah menjadi sebuah budaya yg positif bahwa sebelum laporan keuangan KSP Kopdit Obor Mas dipertanggungjawabkan kepada RAT, terlebih dahulu diaudit sehingga menjadi laporan yang kredibel dan akuntabel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *