Terancam Lahar Dingin Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, 528 Pengungsi Dievakuasi Tim SAR Gabungan

waktu baca 1 menit

LARANTUKA-Pasca naiknya level Gunung Lewotobi laki-laki dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas), Tim SAR Gabungan mengevakuasi warga Desa Nurabelen yang mengungsi di Desa Riang Rita menuju Posko Pengungsian Desa Konga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur, Senin (15/1/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere Supriyanto Ridwan mengatakan, pada Senin (15/1/2024) sekitar pukul 16.50 Wita, sebanyak 528 Jiwa dengan 161 KK warga Desa Nurabelen yang mengungsi di Desa Riang Rita dievakuasi ke posko pengungsian Desa Konga.

Hal ini dikarenakan jalan menuju Desa Riang Rita berpotensi menjadi jalur lahar dingin serta menghindari terhambatnya akses logistik, untuk mencegah dampak dari erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

“Tim SAR gabungan mengevakuasi ke pengungsian yang aman yaitu ke posko Desa Kongo,” ungkap Supriyanto Ridwan.

Lanjutnya, dengan naiknya status menjadi Awas, pihaknya menyarankan kepada masyarakat yang berada di daerah terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki untuk selalu mengikuti arahan Pemda dan mewaspadai potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *