Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 1.500 Meter di Atas Puncak

waktu baca 1 menit

LARANTUKA-Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur kembali erupsi pada Sabtu (6/1/2024) pukul 13.21 Wita.

Pos Pemantau Gunung Api (PGA) melaporkan, pada erupsi siang ini tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter dari atas puncak (3.084 di atas permukaan laut).

“Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi kurang lebih 20 menit,” ungkap Herman Yosep Mboro petugas Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki.

Saat ini Gunung Lewotobi Laki-laki berada pada tingkat aktivitas Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 Km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan serta 4 Km dalam arah barat laut utara-selatan-tenggara dari pusat erupsi.

“Diharapkan masyarakar agar tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.

Pemerintah daerah senantiasa berkordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulangitang, Kabupaten Flores Timur atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *