Refleksi Akhir Tahun, Imigrasi Maumere Paparkan Capaian Kinerja Sepanjang Tahun 2023

waktu baca 3 menit
Kantor Imigrasi Maumere.

MAUMERE- Tahun 2023 sebentar lagi usai, beberapa hari lagi perhitungan waktu tahun 2024 dimulai. Mengakhiri perjalanan kerja tahun 2023, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere memaparkan pencapaian kinerja kerja sepanjang tahun 2023.

Refleksi akhir tahun capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere tahun 2023 kali ini, dihadiri oleh media partner TribunFlores.com, PosKupang.com dan FloresPedia.id, dengan tujuan dapat diketahui oleh masyarakat umum.

Refleksi akhir tahun bertempat di Aula Kantor Imigrasi Maumere, pada Jumat (29/12/2023), yang dipimpin oleh Kepala Kantor Eko Julianto Rachmad.

Eko Julianto Rachmad mengatakan, tugas dan fungsi keimigrasian merupakan bagian dari perwujudan pelaksanaan penegakan kedaulatan, atas wilayah Indonesia dalam rangka menjaga ketertiban, kehidupan berbangsa dan bernegara, menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dikatakannya, pelaksanaan keimigrasian tersebut diwujudkan dalam fungsi keimigrasian, yakni pelayanan dan perlindungan masyarakat, penegakan hukum keimigrasian, serta fasilitator pembangunan nasional.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere sebagai unit pelaksana teknis, telah melaksanakan dan menjalankan fungsi keimigrasian pada wilayah kerja yang meliputi 5 kabupaten, yakni Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata.

“Pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut dilakukan berdasarkan rencana kinerja yang disusun dan direncanakan setiap awal tahun dan dievaluasi pada akhir tahun,” ungkapnya.

Dijelaskan Eko Julianto Rachmad, pada tahun 2023 ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere telah melaksanakan perencanaan kinerja dengan beragam pencapaian.

Ia merincikan, untuk Seksi Inteldakim; Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) sepanjang tahun 2023 yaitu: deportasi tidak ada (nihil), Pendetensian : 1 orang WN Amerika, Overstay : 9 orang, terdiri dari WN Jepang 1 orang, WN Vietnam 2 orang, WN Timor Leste 1 orang, WN Perancis 2 orang, WN Malaysia 2 orang, WN Filipina 1 orang.

Kegiatan Tim PORA sebanyak 6 kali yaitu, Tim PORA Ende, Tim PORA Nagekeo, Tim PORA Sikka, Tim PORA Flotim, Tim PORA Lembata, serta Tim PORA menjelang Pemilu 2024 di Kabupaten Sikka.

Sementara untuk kegiatan Operasi Gabungan sebanyak 2 kali yaitu, Operasi Gabungan di Kabupaten Sikka dan Kabupaten Lembata.

Untuk Seksi Lalintalkim, jenis Permohonan WNA yaitu perpanjangan ITK sebanyak 330, perpanjangan VKSK sebanyak 180, alih status ITK ke ITAS sebanyak 3, permohonan ITAS baru sebanyak 51, perpanjangan ITAS sebanyak 22, lapor ITAP sebanyak 3, MREP sebanyak 5, serta pendaftaran Anak Berkewarganegaran Ganda sebanyak 1. Untuk jenis permohonan WNI yaitu permohonan paspor baru sebanyak 1018, serta permohonan penggantian paspor sebanyak 753.

Terkait Seksi Tikkim, telah dilaksanakan Sosialisasi tentang Persyaratan Paspor dan CPMI Mandiri, tempat kegiatan di Kecamatan Solor Kabupaten Flores Timur, Sosialisasi tentang Etika Jurnalistik dan Peran Mahasiswa bersama Imigrasi dalam menjaga NKRI, Sosialisasi tentang persyaratan permohonan pembuatan paspor di Larantuka, Konsolidasi bersama insan pers di Restoran HM Maumere, Merajut silaturahmi bersama insan pers serta penandatanganan kerja sama Papa Raja dan pintal Blawir di Hotel Anjo Maumere.

Ada pula berupa membuat X Banner di tentang TPPO, Aplikasi POA dan PENTOK, CALL CENTER , Inovasi Layanan Paspor.

Terkait publikasi berupa sosial media Facebook, Twitter dan Instagram sebanyak 930 postingan dan pemberitaan di media partner dan website sebanyak 246 postingan.

Kata Eko Julianto Rachmad, terkait penyerapan anggaran, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere memiliki pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp. 6,728,044,000,- dengan realisasi mencapai 98.48 % yaitu Rp. 6,626,057,410,- dengan sisa anggaran Rp. 101,986,590,- atau 1,52 %.

“Demikian refleksi akhir tahun Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, terkait Capaian Kinerja disepanjang tahun 2023,” ungkap Eko Julianto Rachmad.

Artikel story ini kerjasama Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dan Florespedia.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *