Awasi Orang Asing, Imigrasi Maumere Gelar Operasi JAGRATARA 2 Hari

waktu baca 2 menit
Keterangan foto:Tim Kantor Imigrasi Maumere saat melakukan pengawasan orang asing pada Operasi JAGRATARA.

MAUMERE-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan kegiatan Operasi “JAGRATARA” pengawasan orang asing secara serentak dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024) serta Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Eko Julianto Rachmad mengungkapkan, pengawasan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia yang berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada tangga 27 sampai 28 Desember 2023.

Pengawasan tersebuat bertujuan untuk terjaganya stabilitas keamanan nasional pada periode Natal 2023 dan Tahun baru 2024, mencegah dan antisipasi kemungkinan terjadinya gangguan ATHG pada keamanan nasional dalam menghadapi Pilpres dan Pilkada pada Februari 2024.

Selain itu juga sebagi bentuk tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada instansi imigrasi dalam penegakan hukum keimigrasian.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan, Tim Operasi “JAGRATARA” Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere melakukan pengawasan orang asing di 5 titik yang menjadi target operasi yaitu di bandara, pelabuhan, tempat penginapan, dan biara asing yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere.

Selain itu terdapat pula orang asing subyek perkawinan campuran yang diawasi sponsor istri Warga Negara Indonesia yang berada di wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan Operasi “JAGRATARA”, tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian maupun tindak pidana keimigrasian.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh orang asing dan sponsor untuk selalu mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” ungkap Eko Julianto Rachmad.

Artikel story ini kerjasama Kantor Imigrasi Maumere dan Florespedia.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *