Pemkab Sikka Alihkan Pengelolaan Arsip dari Manual ke Digital dengan Aplikasi SRIKANDI

waktu baca 2 menit
Keterangan foto:Plt.Sekda Sikka membuka pelaksanaan Bimtek Aplikasi SRIKANDI, Senin (18/12/2023). Foto:istimewa.

MAUMERE-Pemerintah Kabupaten Sikka mulai bersiap dan berbenah diri dalam pengelolaan kearsipan dari sistem kearsipan manual dan beralih ke sistem digital dengan menggunakan Aplikasi SRIKANDI.

Sehubungan dengan rencana peralihan sistem kearsipan ke digital, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sikka mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SRIKANDI.

Demikian penjelasan Plt. Sekda Kabupaten Sikka, Robertus Ray dalam sambutan yang disampaikan pada acara pembukaan kegiatan Sosialisasi dan Bimtek bertempat di aula Bappelitbang, mengatakan, dalam era globalisasi saat ini, sudah saatnya semua sistem kearsipan manual harusnya sudah ditinggalkan dan mulai beralih ke sistem kearsipan digital.

Hal ini, sambung Plt. Sekda Sikka yang juga Asisten Administrasi Umum ini, seiring dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

” Saya apreasi program Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sikka, yang sudah menyiapkan aparatur pemerintah di setiap OPD untuk diperkenalkan dan dilatih sistem kearsipan digital dengan aplikasi Srikandi, ” kata Robert Ray, Senin (18/12/2023).

Dikatakannya, dengan menggunakan aplikasi Srikandi, dalam pengelolaan arsip dinamis ini, maka kita sudah mulai merubah ekosistem kerja dari manual ke digital.

Dengan penerapan sistem kearsipan digital maka sudah saatnya sistem surat menyurat juga akan beralih dari penggunaan kertas ke surat elektronik.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi SRIKANDI berlangsung selama 3 (tiga) hari diikuti oleh utusan dari masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sikka dan dari pemerintah Kecamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *