Camat Tanawawo Buka Jambore Kader Posyandu

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Camat Tana Wawo, John Oriwis NS saat membuka Jambore Kader Posyandu Tingkat Kecamatan Tana Wawo Kabupaten Sikka, Rabu (13/12/2024) pagi.

MAUMERE-Camat Tana Wawo, John Oriwis NS, Rabu (13/12/2023) pagi membuka kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kecamatan Tana Wawo Kabupaten Sikka, bertempat di Aula Puskesmas Wolo Feo, Kecamatan Tana Wawo.

Dalam dalam sambutannya, John Oriwis NS meyampaikan bahwa Kader Posyandu merupakan garda terdepan dalam mengatasi masalah kesehatan.

“Jambore Posyandu bertujuan untuk peningkatan kemampuan kader posyandu dalam komunikasi antar personal untuk mengajak masyarakat berprilaku positif terhadap kesehatan ” demikian John Oriwis NS.

Lebih lanjut John Oriwis mengajak Kader Posyandu untuk bisa menyediakan makanan sehat untuk keluarga, mampu membantu petugas kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan dasar di Posyandu dan mampu melakukan kunjungan rumah dalam rangka pemantauan wilayah setempat.

Jambore Kader Posyandu Tingkat Kecamatan Tana Wawo Tahun 2023 ini mengangkat tema Bangga menjadi Kader Posyandu : Sehat, Kreatif Menuju Tana Wawo Hebat.

Hadir dalam kegiatan ini mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Administrator Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sikka Reyneldis Jelita, Kepala UPTD Puskesmas Wolo, Feo Edmon Jawa dan Analis Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sikka, Hilarius Yosef Muda Gudipung.

Reyneldis Jelita dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada 25 Kompentensi Dasar Kader yang berpedoman pada topik antara lain 1) Pelayanan bayi, balita dan apras; 2) Pelayanan ibu hamil dan nifas; 3) Pelayanan usia sekolah dan remaja; 4) Pelayanan usia produktif & lansia; dan 5) Pengelolaan posyandu .

Posyandu sebagai salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang sudah menjadi milik masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat, keberadaannya sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat.

Jambore Kader Posyandu ini dimeriahkan dengan beberapa rangkaian kegiatan. Antara lain lomba Cerdas cermat : Juara 1 : Desa Poma, Juara 2 : Desa Bu Nuapuu dan Juara 3 : Desa Loke.

Juga digelar lomba Penyuluhan kesehatan Juara 1 : Desa Detubinga, Juara 2 : Desa Tuwa dan Juara 3 : Desa Bu Barat.

Kegiatan lomba diikuti 40 kader posyandu dari 10 desa yang ada di Kecamatan Tana Wawo. Masing – masing desa mengutus 4 kader.

Liputan Warga oleh Camat Tanawawo, Jhon Oriwis NS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *