Ini 5 Langkah Strategi Kantor Pertanahan Sikka untuk Membangun Zona Integritas

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Pose bersama kepalakantor dan pegawai Kantor Pertanahan Sikka usai sosialisasi, Senin (4/12/2023).

MAUMERE-Kantor Pertanahan Kabupaten Sikka pada Senin (4/12/2023) pagi, menggelar sosialisasi pembangunan  zona integritas Kantor Pertanahan Sikka. Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Pertanahan Sikka, Faizin, A.Ptnh.MM.

Sosialisasi diikuti para PNS Kantor Pertanahan Sikka, para PPNPN Kantor Pertanahan Sikka, 10 orang PPAT, perwakilan pemerintah kelurahan dari Kelurahan Madawat, Kota Uneng, Nangalimang dan Wuring dan Kepala Desa Lusitada, Kolisia B, Bloro, Nita, Watugong, dan Kepala Desa Timutawa.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Pertanahan Sikka, Faizin, A.Ptnh.MM, menuturkan, Kantor Pertanahan Sikka sejak tahun 2020 telah mencanangkan pembangunan zona integritas secara internal dan eksternal.

Lanjutnya, pembangunan zona integritas ini merupakan komitmen dari semua pihak baik dari kepala kantor, staf maupun stakeholder terkait seperti notaris, wartawan dan lainnya.

Menurutnya, dalam zona integritas, Kantor Pertanahan Sikka diharapkan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Tahun 2023 kami sudah mendapatkan beberapa penghargaan, harapan kami penilaian tahun 2023 untuk tahun 2024 ini kami juga mendapatkan nilai terbaik. Kemarin, kami pertahankan untuk 7 jenis pelayanan itu selalu rangking 5 besar. Artinya pelayanan tidak pernah terlambat dari batas waktu,” ungkapnya.

Kepala Kantor Pertanahan Sikka, Faizin, dalam presentasinya mengatakan, ada 5 langkah strategi dalam membangun zona integritas. Pertama, komitmen yang mana pimpinan dan semua karyawan dengan melibatkan bawahan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan menularkan semangat dan visi yang sama.

Kedua kemudahan pelayanan. Ini diwujudkan dengan menyediakan fasilitas lebih baik dan semangat hospitality untuk kepuasan publik.

Keterangan foto: Kepala Kantor Pertanahan Sikka, Faizin, A.Ptnh.MM, saat menyampaikan pemaparan dalam sosialisasi, Senin (4/12/2023).

Ketiga, program yang menyentuh masyarakat. Ini diwujudkan dengan membuat program yang membuat unit kerja lebih dekat ke masyarakat sehingga masyarakat merasakan kehadiran unit kerja tersebut.

Lanjutnya, keempat yakni monitoring dan evaluasi. Melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap di jalurnya.

Kelima, manajemen media. Menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang telah dilakukan diketahui oleh masyarakat.

 
Untuk mencapai itu, pihaknya telah membentuk Tim Kerja Zona Integritas dengan 6 bidang tugas yakni Bidang Manajemen Perubahan, Bidang Penataan Tata Laksana, Bidang Penataan Sistem Manajemen SDM, Bidang Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Bidang Penguatan Pengawasan dan Bidang Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.

Ia juga menyampaikan, ada beberapa inovasi pelayanan pertanahan dari Kantor Pertanahan Sikka, antara lain, Monalisas (Monitoring Peminjaman Alat GPS Geodeti Kantor Pertanahan Sikka) yang bertujuan untuk membantu memonitoring keberadaan alat ukur dan kelengkapannya serta mempermudah proses peminjaman alat ukur oleh petugas ukur.

Kata Faizin, inovasi lainnya yakni aplikasi Wakasih (Warkah Kantor Pertanahan Sikka) yang merupakan aplikasi peminjaman arsip dokumen warkah secara digital. Ada juga inovasi Go LANTAH JETAR (Layanan Pertanahan Jemput-Antar).

“Ini merupakan inovasi layanan pertanahan yang dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang sibuk tidak ada waktu untuk mengurus sertifikat hak atas tanahnya, orang-orang lansia yang terbatas mobilitasnya, masyarakat awam yang tidak mengetahui cara mengurus sertifikat hak atas tanah,” jelasnya.

Selaku Kepala Kantor Pertanahan Sikka, Faizin juga berharap masyarakat Kabupaten Sikka mendukung komitmen tersebut demi peningkatan kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Sikka. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *