Disdukcapil Sikka Catat 3.867 Pemilih Pemula Telah Rekam E-KTP, yang Belum 8.229 Pemilih Pemula

waktu baca 2 menit
Ilustrasi.

MAUMERE-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka terus menggencarkan layanan jemput bola untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu 2024 nanti.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka, Putu Botha mengatakan, sejak Februari hingga Desember 2023, pihaknya masih mengalami kendala saat proses perekaman E-KTP. Misalnya saat pelayanan di kecamatan, warga yang datang hanya 50an orang. Padahal targetnya 400an orang.

“Kami terus sosialisasi, edukasi dan melakukan perekaman E-KTP ke desa-desa, kecamatan, kelurahan, sekolah, bahkan kami sudah melakukan berbagai cara. Namun pemilih pemula masih terkesan masa bodoh, ” ujarnya, Senin (4/12/2023).

Dikatakannya, berdasarkan data penduduk potensial pemilih pemula (DP4), warga yang belum melakukan perekaman E-KTP sebanyak 9.928 pemilih.

“Sampai dengan 02 Desember 2023 ada 3.867 pemilih yang telah melakukan perekaman E-KTP. Sementara yang belum melakukan perekaman E-KTP ada 8.229 pemilih, ” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat memiliki kesadaran mengurus KTP sehingga hak sebagai warga negara Republik Indonesia diakui. “Jangan butuh dulu baru datang urus KTP, ” kata Putu Botha.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sikka, Stefanus Say mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sikka mempercepat perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi ribuan pemilih pemula yang belum memilik E-KTP.

Ribuan pemilih pemula yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) itu diketahui masih belum memilih E-KTP sebagai syarat untuk memiliki hak pilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Kami mendorong Disdukcapil agar menjemput bola ke sekolah-sekolah untuk mempercepat perekaman E-KTP bagi pemilih pemula yang belum memiiki KTP, ” kata Stefanus Say, Sabtu, (3/12/2023).

Stefanus Say yang juga adalah Ketua Partai Gerindra Kabupaten Sikka mengatakan, langkah ini juga untuk menekan angka gol put khususnya bagi para pemilih pemula.

“Bagi para pemilih pemula yang sudah memilik E-KTP tentu dapat menyalurkan hak suaranya pada pemilu 2024 nanti, ” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *