Gelar Musrenbang, Ini 4 Bidang Pembangunan yang Jadi Fokus Pemdes Bola, Sikka  

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Pelaksanaan Musrenbandes di Aula Kantor Desa Bola, Jumat (1/12/2023). Foto oleh: Yoseph Siriylus Reo.

MAUMERE-Pemerintah Desa (Pemdes) Bola, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa , di Aula Kantor Desa Bola, pada Jumat (1/12/2023).

Musrenbang desa ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Bola, Klementia dan dihadiri oleh Camat Bola, Ketua dan Anggota BPD Desa Bola, Sekcam Kecamatan Bola, Babinsa Desa Bola, para Kadus, Ketua RT, Duta Digital Kabupaten Sikka, Kader Digital Desa Bola, Tim Verifikasi, Tim Perumus dan perwakilan masyarakat dari setiap dusun.

Kepala Desa Bola, Klementia, mengatakan, maksud dan tujuan dari Musrenbang desa adalah dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa.

“Tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah, menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/tahun yang akan datang, menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan,” ujar Klementia.

Klementia mengungkapkan kegiatan ini untuk membahas rancangan RKP Desa tahun 2024 dan daftar usulan tahun 2025. Ia juga berharap dengan dilakukan Musrenbang ini agar masyarakat dapat mengetahui dan mengawasi penggunaan dana desa di tahun anggaran 2024 dengan tepat.

Dalam sambutan Camat Bola, Yohanes Impirinus, mengatakan, Musrenbang harus melalui 3 tahapan yakni alur waktu, regulasi dan subtansi. Jika ketiga poin ini sudah dilaksanakan dengan benar maka Musrenbang akan berjalan lancar.

“Dana desa seharusnya di fokuskan untuk pendidikan, kesehatan, perhatian kepada kaum difabel dan pemberdayaan,” ujarnya.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penandatangan Berita Acara Hasil Musrenbang Desa, perwakilan peserta dilanjutkan Ketua BPD dan Kepala Desa.

Liputan warga oleh: Yoseph Sirylus Reo, Kader Digital Desa Bola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *