Pengamat Hukum Minta Pj Bupati Sikka Jangan Gegabah Terapkan Sanksi Tutup Pasar Wuring

waktu baca 5 menit
Keterangan foto:Aktivitas di Pasar Wuring, Sabtu (25/11/2023) sore.

 
MAUMERE-Pemkab Sikka berencana untuk menutup Pasar Wuring yang terletak di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat pada akhir November 2023.

Penjabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera telah menerbitkan surat Nomor B.Ekon.511/104/XI/2023, tertanggal 16 November 2023, yang ditujukan kepada pimpinan CV Bengkunis Jaya untuk menghentikan aktivitas di Pasar Wuring.

Rencana Penjabat Bupati Sikka, menutup aktivitas Pasar Wuring, mendapat tanggapan dari Pengamat Hukum sekaligus Dosen Fakultas Hukum Ubaya Surabaya, Marianus Gaharpung.

Tinjauan Hukum

Ia mengatakan, Pasar Wuring menjadi trending topic beberapa hari belakangan ini di Kota Maumere. Perlu dikaji bahwa hukum administrasi (negara) adalah hukum publik sama seperti hukum pidana. Perbedaannya adalah hukum pidana sifatnya imperatif (mengikat/memaksa). Sehingga sanksinya adalah badan (penjara dll). Hukum administrasi sifatnya regulerent (mengatur).

Sanksi administrasi ditujukan kepada perbuatan pelanggarannya, sedangkan sanksi pidana ditujukan kepada sipelanggar dengan memberi hukuman berupa nestapa. Sanksi administrasi dimaksud agar perbuatan pelanggaran itu dihentikan. Sifat sanksinya “reparatoir” artinya memulihkan pada keadaan semula.

Sanksi administratif adalah sanksi yang dikenakan terhadap pelanggaran administrasi atau ketentuan undang-undang yang bersifat administratif. Sanksi administratif dapat berupa denda, peringatan tertulis, pencabutan izin tertentu, dan lain-lain.

Dari sini sangat jelas bahwa ratio legis hukum administrasi (negara) untuk melindungi warga negara dari tindakan kesewenang- wenangan pejabat atau badan tata usaha negara. Oleh karena itu, dibuat Undang Undang Peradilan Tata Usaha Negara dan Undang- Undang administrasi Pemerintahan. Ada asas kepastian hukum; kemanfaatan;  ketidakberpihakan;  kecermatan; tidak menyalahgunakan kewenangan;  keterbukaan;  kepentingan umum; serta pelayanan yang baik. Dan penambahan satu asas adalah pengharapan yang pasti (legitimate expectation).

Dari asas- asas tersebut timbul pertanyaan kepada Pemkab Sikka, apakah selama ini Pemkab Sikka sudah memberikan sosialisasi  Perda dan Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan pasar dengan berbagai kriterianya? Jika dilihat dari aspek ketidakberpihakan, apakah selama ini orang orang yang berjualan berseliweran di jalan- jalan membuat pemandangan kota Maumere kotor  melanggar ketentuan atau tidak? Apakah para pedagang Pasar Geliting yang sering “mokong” sudah ditertibkan dengan pengenaan sanksi administrasi? 

Dari asas kecermatan apakah selama ini sering pejabat Pemkab Sikka melakukan  komunikasi serta kontrol yang cermat tentang berbagai ketentuan terkait pengelolaan Pasar Wuring dan pasar- pasar “kaget” di Kota Maumere? Asas kemanfaatan, berapa besar retribusi Pasar wuring bagi Pemkab Sikka? Berapa jumlah pedagang yang mendapat penghasilan dari Pasar Wuring yang pasti mengurangi beban negara (pemerintah)?

Oleh karena itu, kata Marianus Gaharpung, Pj Bupati Sikka jangan terlalu gegabah menerapkan sanksi tutup Pasar Wuring.

“Tolong Dinas Perdagangan dan Lingkungan Hidup komunikasi sekali lagi dengan koordinator Pasar Wuring jelaskan berbagai peraturan dan beri waktu untuk menyelesaikannya sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Kata Marianus Gaharpung, perlu diingat, sanksi administrasi sifatnya reparatoir berupa memulihkan kepada keadaan semula. Artinya Pasar Wuring diharuskan melakukan penyesuaian dengan ketentuan yang berlaku tetapi bukannya ancam ditutup.

Keterangan foto:Pengamat Hukum sekaligus Dosen Fakultas Hukum Ubaya Surabaya, Marianus Gaharpung.

Terkesan arogan dan tidak memberikan pelayanan yang baik. Perlu diperhatikan sanksi administrasi yang paling terakhir adalah pencabutan ijin. Apakah Pasar Wuring sudah tidak bisa dipulihkan kembali karena berdampak luas adanya pencemaran lingkungan dan lain-lain? Jujur saja sangat kaget ketika membaca di media  bahwa PJ Bupati Alvin Parera nada sedikit “mengancam” Pasar Wuring melanggar peraturan, maka akan segera ditutup,” ungkap Marianus Gaharpung.

Lanjutnya, regulasi yang dipakai untuk menghentikan aktivitas Pasar Wuring adalah Pasal 6 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah Juncto Pasal 79 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perdagangan dan Peraturan Daerah Kabupaten Sikka Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Sarana Perdagangan yang menetapkan bahwa lokasi pendirian pasar rakyat harus mengacu pada Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota dan Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota.

“Oleh karena itu ditegaskan untuk segera menghentikan aktivitas penyelenggaraan pasar di lokasi tersebut paling lama 14 hari sejak surat ini dikeluarkan,” ungkap Penjabat Bupati Sikka, dalam suratnya kepada pimpinan CV Bengkunis, selaku pengelola Pasar Wuring.

Pertanyaannya, ketika peraturan tersebut berlaku sejak tahun 2021, apakah terus dimonitoring dan dievaluasi oleh Dinas Perdagangan dan terutama Dinas Lingkungan Hidup? Pertanyaan selama Roby Idong sebagai Bupati Sikka pernahkan dilakukan evaluasi monitoring atau dibiarkan saja beroperasi dengan melanggar peraturan? 

Kata Marianus Gaharpung, ternyata Waode Karmila Wati, koordinator Pasar Wuring, mengatakan ada informasi yang kurang dipahami oleh pihak Pemkab Sikka. Ia mencontohkan, seperti terkait perizinan berusaha berbasis resiko untuk Pasar Wuring termasuk dalam kategori resiko rendah karena jenis usahanya adalah UMKM. Persyaratan dasar perizinan (NIB, Lingkungan Hidup dan Zonasi/Tata Ruang) telah disiapkan.

“Ketika perizinan berbasis resiko diterbitkan pemerintah, berarti perizinan dasarnya telah clear, demikian penjelasan Waode Karmila Wati.

Pj Bupati Sikka Jangan Gegabah, Perlu Komunikasi yang Terbuka dan Cermat

Dari sini terlihat jelas, bahwa Pj Bupati Sikka terlalu gegabah mengancam akan  mencabut ijin usaha Pasar Wuring. Perlu sekali lagi bangun komunikasi yang terbuka, cermat serta memberikan pengharapan yang pasti kepada para pedagang Pasar Wuring jika dipaksa tutup dampak sosialnya akan sangat besar. Banyak pedagang kehilangan mata pencarian, warga masyarakat yang berbelanja di Pasar Wuring akan kecewa berat, retribusi bagi Pemda menjadi nihil. 

“Oleh karena itu, datang kaji banding di Pasar Ikan  Pabean terbesar di Surabaya jam jualannya mulai sore jam 5 sampai pagi hari terletak ditengah pemukiman warga.  Awal berdirinya warga protes karena bau amis ikan dan lain lain,  Pemkot Surabaya tidak tutup tetapi diberikan pengarahan, dikontrol, diatur tempat jualan, saluran airnya, sampah dan pembuangannya. Karena retribusi Pasar Pabean sangat besar. Artinya Pemkab Sikka tidak boleh terlalu saklek (tidak bisa ditawar- tawar) terhadap Pasar Wuring,” ungkapnya.

Menurut Marianus Gaharpung, sengkarut Pasar Wuring pasti ada jalan penyelesaiannya.  Kepastian hukum adalah suatu keharusan bagi warga masyarakat dengan berbagai aktivitas di suatu wilayah tetapi Pemerintah harus lebih persuasif, cermat, transparan, berikan pelayanan yang baik agar tidak terkesan  sewenang-wenang akan mengeksekusi Pasar Wuring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *