Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM Resmikan Kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang Utama Lembata

waktu baca 4 menit
Keterangan foto:Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi UKM, Ahmad Zabadi menandatangani prasasti meresmikan Kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang Utama Lembata, Jumat (17/11/2023).

LEWOLEBA-KSP Kopdit Obor Mas pada hari ketiga perayaan HUT ke-51 KSP Kopdit Obor Mas, Jumat (17/11/2023), meresmikan Kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang Utama Lembata.

Peresmian Kantor Cabang Utama Lembata ini diawali dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Deken Lembata Keuskupan Larantuka, RD.Philipus Sinyo da Gomez.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi UKM, Ahmad Zabadi didampingi Kadis Koperasi dan Nakertrans NTT, jajaran pengurus dan manajemen Kopdit Obor Mas.

Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM, Ahmad Zabadi, menuturkan, Kopdit Obor Mas adalah pelopor koperasi yang menyalurkan KUR di Indonesia. Ini berarti Obor Mas sudah memenuhi standar pengelolaan usaha di sektor keuangan secara profesional dan modern.

Lanjutnya, tujuan dari berkoperasi adalah kesejahteraan anggota, jika kebutuhan anggota hanya dipenuhi dari sisi pembiayaan, itu belum cukup. Karena terbukti usaha simpan pinjam ini, daya ungkitnya untuk meningkatkan kesejahteraan itu belum signifikan, hanya sekedar menyelesaikan kebutuhan-kebutuhan primer dari anggota tetapi untuk kegiatan investasi dan modal kerja anggota itu belum banyak terpenuhi.

Untuk kegiatan usaha anggota, sudah seharusnya koperasi memberikan pendampingan usaha agar anggota itu tepat membelanjakan modal yang dimiliki, tepat dalam mengelola usaha sehingga ketika berproduksi, dapat pula diserap oleh pasar.

Namun demikian, fungsi-fungsi itu tidak bisa maksimal dilakukan koperasi kredit, kami lalu mendorong kebutuhan-kebutuhan anggota non finansial dilayani oleh koperasi-koperasi sektor riilnya. Ini yang disebut Spin of, pengembangan usaha secara horizontal dimana kemudian sejumlah anggota yang dikaji usahanya memenuhi kelayakan ekonomi, diakomodasi dalam wadah koperasi sektor riilnya.

“Sehingga Obor Mas ke depan ini dimungkinkan berdiri juga koperasi produsen, misalnya koperasi perikanan Obor Mas, koperasi peternakan Obor Mas, bahkan koperasi asuransi Obor Mas. Dengan cara ini ke depan, koperasi akan hadir sebagai konglomerasi ekonomi dalam badan hukum koperasi bukan dalam bentuk badan hukum lainnya.

Pada akhir sambutan, Ahmad Zabadi mengucapkan selamat ulang tahun Kopdit Obor Mas ke-51 dan selamat hadirnya Kantor Cabang Utama Lembata dengan gedung yang megah.

“Untuk sebuah kantor cabang, ini gedung yang megah di Lembata. Ini memberikan harapan bahwa Kopdit Obor Mas betul-betul menjadi pelopor bagi koperasi di NTT khususnya dan gerakan koperasi di tanah air kita,” jelasnya.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas Markus Menando mengatakan, kami memilih perayaan HUT ke 51 kali ini di Lewoleba, Lembata, selain karena bersamaan dengan peresmian gedung kantor baru ini, kami ingin meyakinkan anggota bahwa Obor Mas sungguh hadir sebagai Kopdit yang kuat, kokoh dan terpercaya sekaligus mempertegas eksistensi Obor Mas sebagai bukti promosi kami kepada calon anggota. Agar semua anggota yakin bahwa semua yang dipromosikan itu baik dan benar adanya.
Ditambah lagi dengan kehadiran Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop dan UKM RI di Lembata semakin menguatkan kami di jajaran penasihat, pengurus, pengawas, manajemen dan terutama semua anggota bahwa Obor Mas hadir sebai lembaga keuangan yang kuat, kokoh dan terpercaya.

Keterangan foto:pemotongan tumpeng HUT ke-51 Kopdit Obor Mas oleh Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Jumat (17/11/2023).

“Semoga moment hari ini menjadi tonggak sejarah KSP Kopdit Obor Mas dii Lembata yang menjadi dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan KSP Kopdit Obor Mas kedepannya. Kontribusi Lembata tentunya sangat berarti untuk lembaga ini, sebagai salah satu cabang dari 22 cabang yang ada,” jelas Markus Menando.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Lembata yang membacakan sambutan Bupati Lembata mengatakan, hari ini kita semua bersyukur atas dua peristiwa penting yaitu HUT ke-51 KSP Kopdit Obor Mas dan peresmian gedung kantor cabang utama Lembata.

“Saya mengucapkan proficiat atas dua peristiwa bersejarah ini. Kehadiran KSP Kopdit Obor Mas selama 51 tahun ini memberikan warna dan turut berperan bagi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Nusa Tenggara Timur termasuk di Kabupaten Lembata,” ujarnya.

Kata Penjabat Bupati Lembata, sebagai koperasi yang unggul dari sisi layanan, produk, manajemen keuangan, tranformasi digital dan keanggotan membuat Kopdit Obor Mas sudah menjadi model di tanah air. Karena itu, Kopdit Obor Mas adalah aset yang harus dijaga, dirawat dan terus dikembangkan untuk kesejahteraan anggota dan juga untuk pembangunan ekonomi daerah.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Lembata, saya menyampaikan terima kasih kepada KSP Kopdit Obor Mas yang telah berkontribusi dan berperan serta membangun kabupaten Lembata melalui berbagai fasilitas pelayanan. Semoga peringatan HUT ke-51 ini menjadi momentum untuk memberikan semangat bagi segenap pengurus, pengawas dan manajemen terus berkarya memenuhi pelayanan yang terbaik demi peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat,” ujarnya.

Pantauan media ini, usai penandatanganan prasasti peresmian Kantor Cabang Utama Lembata dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng HUT ke-51.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *