Imigrasi Maumere Gelar Operasi Gabungan di Lembata, Tidak Ditemukan WNA yang Langgar Keimigrasian

waktu baca 2 menit

MAUMERE-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere di bawah Kantor Wilayah Kemenkumham NTT pada Selasa (7/11/2023) melakukan Operasi Gabungan di wiayah Kabupaten Lembata.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Andi Syahputra.

Sebelum mulai kegiatan diadakan rapat singkat untuk menyampaikan target operasi dan tata cara pemeriksaan di lapangan terkait pemeriksaan dokumen berupa paspor, Visa Izin Tinggal, IMTA dan RPTKA bagi TKA, sesuai dengan tusi masing- masing anggota tim operasi gabungan.

Ketua Tim dan anggota operasi gabungan berangkat dari Hotel Olympik menuju PT. Cendana Indopearls yang berada di Kecamatan Lebatukan untuk melakukan pengawasan orang asing di tempat tersebut.

Kegiatan operasi gabungan di PT. Cendana Indopearls, ketua tim dan rombongan melakukan pengawasan lokasi kerja, pemeriksaan paspor serta dokumen kerja lainnya terhadap TKA yang bekerja di tempat tersebut.

Diinformasikan oleh pak Hidayat sebagai office manager di perusahaan tersebut bahwa terdapat 6 orang WNA.

Dalam kegitan operasi gabungan tim tidak menemukan WNA yang melakukan pelanggaran keimigrasian atau pelanggaran peraturan perundang-undangan.

Tim operasi gabungan meminta kepada pihak manajemen untuk segera melakukan perpanjangan izin tinggal ke Kantor Imigrasi Maumere terhadap ke-3 WNA nya yang izin tinggalnya akan berakhir pada bulan november dan desember untuk mencegah terjadinya pelanggaran keimigrasian.

Pelaksanaan tim operasi gabungan berjalan dengan aman, tertib, lancar, dengan mengedepankan penegakan hukum yang humanis dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Tim Operasi Gabungan merupakan Tim Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Lembata yang terdiri dari perwakilan puluhan instansi pemerintah di Kabupaten Lembata.

Kegiatan operasi dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lembata, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lembata, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Lembata, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lembata, Sekretaris Dinas Pendidikan Lembata, Sekretaris Dinas Kesehatan Lembata, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lembata, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Lembata, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Lewoleba, Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Resort Lembata, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kab. Lembata, Perwira Seksi Intelijen Kodim 1624/Flores Timur-Lembata, Komandan Pos TNI Angkatan Laut Lembata, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lembata, Anggot BIN Lembata, Perwakilan Anggota Badan Intelijen Strategis TNI Lembata, Camat Lebatukan, Komandan Koramil 1624-03/Lewoleba, Kepala Kepolisian Sub Sektor Lebatukan, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Analis Keimigrasian Pertama, Pengelola Data Keimigrasian serta Pemeriksa Keimigrasian Pemula.

Artikel story ini kerjasama Kantor Imigrasi Kelas II Maumere dan Florespedia.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *