Imigrasi Maumere Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

waktu baca 2 menit

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, bertempat di Lapangan Imigrasi Maumere, pada Senin (2/10/2023).

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WITA, dipimpin oleh Kepala Seksi Inteldakim Hendy Kurnia Darmawan, yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Adapun tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini adalah, “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Dalam pidatonya, Hendy mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini, diikuti oleh seluruh ASN Kemenkumham RI secara serentak diseluruh Indonesia.

Lebih lanjut Hendy menyampaikan dan menghimbau kepada seluruh ASN Kantor Imigrasi Maumere, untuk selalu mengenang komponen kesaktian, serta berkomitmen untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila dimanapun berada.

“Seluruh ASN Kantor Imigrasi Maumere, wajib berkomitmen untuk selalu mempertahankan nilai-nilai Pancasila dimanapun dia berada,” tegas Hendy.

Lanjutnya, sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini ditebus dengan nilai yang tak terhingga, yaitu dengan mengorbankan nyawa para pahlawan. Pengorbanan itu harus selalu dihargai para generasi muda, khususnya generasi muda ASN Kemenkumham RI, yaitu wajib mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai yang positif dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Untuk diketahui, Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan Presiden Soeharto, setelah peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada tahun 1965.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara yang selalu teguh, meski ada upaya untuk menjatuhkannya, sekaligus sebagai tanda penghormatan untuk para pejuang yang gugur, dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

Artikel story ini kerja sama Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dan Florespedia.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *