Senator AWK Lakukan Peletakan Batu Pertama Bantuan 10 Rumah Program BSPS di Desa Hoder, Sikka

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Senator AWK saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah BSPS di Desa Hoder, Sabtu (23/9/2023) siang. Foto:Mario WP Sina.

MAUMERE-Anggota DPD RI, Angelius Wake Kako pada Sabtu (23/9/2023) siang, melakukan kunjungan kerja peletakan batu pertama pembangunan rumah program BSPS di Kolibuluk, Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

Bantuan 10 unit rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini merupakan aspirasi dari Anggota DPD (Senator) AWK yang ditujukan warga miskin yang belum memiliki rumah layak huni di Desa Hoder.

Pada kesempatan itu, Penjabat Kepala Desa Hoder, Fransiska Konfrida mengungkapkan, ia mengapresiasi bantuan dan kepedulian dari Senator AWK terhadap warga miskin di Desa Hoder yang belum memiliki rumah layak huni.

Lanjutnya, bantuan stimulan program BSPS berupa bahan bangunan senilai Rp 20 juta akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendirikan rumah layak huni bagi warga desa yang mendapatkan bantuan.

“Terima kasih untuk bantuan rumah bagi warga kami yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Senator AWK mengatakan, kehadirannya di Desa Hoder untuk meneruskan aspirasi beberapa tahun lalu dimana ketika menjadi Anggota DPD RI, masyarakat telah menyampaikan aspirasi terkait rumah tidak layak huni.

Keterangan foto:Pose bersama Senator AWK, Pj Kades Hoder dan warga penerima bantuan BSPS di Desa Hoder, Sabtu (23/9/2023) siang. Foto:Mario WP Sina.

“Kehadiran saya sekaligus menegaskan kepada bapa mama, inilah fungsi yang kami jalankan secara kewenangan. Sebagai lembaga politik dan lembaga negara, DPD juga punya kemitraan dengan pemerintah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, fungsi kemitraan dengan eksekutif itu, dirinya pun membangun komunikasi dengan salah satunya Kementerian PUPR untuk mengakomodir aspirasi,cerita dan kebutuhan warga di pelosok NTT.

“Saya kebetulan di Komite 2 yang salah satu mitra saya adalah Kementerian PUPR dimana ada program BSPS ini. Program ini berupa bantuan stimulan untuk bangun rumah dengan bahan bangunan senilai Rp 20 juta,” ujarnya.

Ia berharap dengan bantuan stimulan rumah yang diberikan, warga penerima manfaat dapat mengerjakan rumah layak huni sampai tuntas.

Keterangan foto:Dialog bersama Senator AWK, dan warga Desa Hoder di Kolibuluk, Sabtu (23/9/2023) siang. Foto:Mario WP Sina.

“Kalau tidak tuntas, kami yang pusing. Tahun depan mau minta lagi tidak bisa. Saya punya permintaan kepada bapa mama penerima manfaat, apapun kondisinya kerja sampai tuntas,” ujarnya.

Salah seorang warga Kolibuluk, Desa Hoder penerima manfaat bantuan rumah, Agustinus Arifin, menuturkan, dirinya betterimakasih kepada Senator AWK karena menjadi satu dari sepuluh keluarga penerima bantuan rumah program BSPS.

Lanjutnya, bantuan yang diberikan dari program ini berupa bahan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan upah tukang Rp 2,5 juta. Dirinya akan membangun rumah permanen ukuran 6×6.

Sementara itu, mantan Kades Hoder, Maria Bunga, mengatakan, dirinya mengapresiasi adanya bantuan rumah kepada warga Hoder yang membutuhkan.

“Luar biasa Desa Hoder mendapat perhatian dengan bantuan rumah layak huni program BSPS,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Senator AWK juga memberikan edukasi kepada warga Desa Hoder terkait tugas, fungsi dan peran DPD RI dan berdiskusi terkait pengembangan ekonomi warga berbasis komoditas lokal dan peluang beasiswa serta pentingnya menyekolahkan anak hingga jenjang pendidikan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *