KOREM 161/Wirasakti Gelar Operasi Gratis Bibir Sumbing di RS Kewapante, Sikka Diikuti 52 Pasien

waktu baca 2 menit

MAUMERE-Dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Ke -78, KOREM 161/WIRASAKTI menggelar Operasi Bibir Sumbing.

Kegiatan operasi bibir sumbing tersebut bertempat di RS. St Gabriel Kewapante yang diikuti oleh pasien bibir sumbing dari Pulau Flores dan Lembata pada Kamis, (21//09/23).

Kegiatan ini kerjasama antara KOREM 161/Wirasakti, Yayasan Senyum Bali dan Rumah Sakit Kewapante dikuti oleh pasien bibir sumbing dari Pulau Flores.

Dandim 1603/Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P. kepada media menuturkan bahwa kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing merupakan gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh anggota TNI yang berada di Pulau Flores untuk memperingati hari ulang tahun tentara nasional yang ke-78.

“Ini merupakan kegiatan kemanusiaan untuk para pasien bibir sumbing yang dilaksanakan oleh kodim-kodim se Pulau Flores dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78,” ungkap Dandim Sikka.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa kegiatan Operasi Bibir Sumbing dilaksanakan selama empat hari mulai dari hari ini 20-24 September 2023 dan diikuti oleh 52 pasien bibir sumbing.

“Terkait kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari hari ini 20-24 September 2023 yang diikuti 52 pasien bibir sumbing,” tuturnya.

Tak hanya itu, ia pun menyampaikan bahwa ada berbagai rancangan kegiatan seperti Aksi Donor darah, Basar yang akan bekerja sama dengan Koramil-Koramil Se-kabupen Sikka, TNI AL Maumere dan beberapa instansi lainya dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI ke-78.

“Ada berbagai rencana kegiatan yang akan kita lakukan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-78, Antara lain Aksi donor darah, Basar dan kegiatan lainnya yang akan bekerja sama dengan Koramil-Koramil Se-kabupen Sikka, TNI angkatan Laut dan instansi lainnya,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Kewapante, Dokter Benyamin Boli dalam keterangannya kepada media menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh para anggota TNI, Yayasan Senyum Bali dan Pihak Rumah Sakit Kewapante.

Untuk pasien yang mendaftar sebanyak 52 orang terdiri dari beberapa kabupaten antara lain. Kabupeten Sikka sebanyak 29 orang, Ende 9 orang, Flotim 5 orang, Nagekeo 4 orang, Ngada 3 orang dan Manggarai sebanyak 2 orang. Total keseluruhan sebanyak 52 orang ini akan di cek riwayat kesehatannya apabila ada gangguan maka akan dipulangkan.

“Total keseluruhan yang mendaftar sebanyak 52 orang, sebelum operasi akan di cek kesehatan, berat badan apabila layak maka akan dioperasi dan apabila tidak memenuhi syarat maka kita pulangkan,” ungkap Dokter Benyamin Boli.

Kontributor:Tedho Buru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *