34 Desa Baru di Sikka Kapan Akan Terima Dana Desa, Ini Kata DPMD Sikka

waktu baca 2 menit
Plt.Kepala Dinas PMD Kabupaten Sikka, Yuvensius Rafael

MAUMERE- Kabupaten Sikka saat ini memiliki 181 desa, setelah 34 desa persiapan resmi menjadi desa definitif yang ditandai dengan penyerahan 34 kode wilayah administrasi desa oleh Kementerian Dalam Negeri kepada Pemkab Sikka pada 26 September 2022 lalu. 

Plt.Kepala Dinas PMD Kabupaten Sikka, Yuvensius Rafael mengatakan, terhadap 34 desa baru di Sikka saat ini telah menerima Alokasi Dana Desa dari Pemkab Sikka. Alokasi Dana Desa itu dipakai untuk membiayai operasional dan tunjangan bagi perangkat desa termasuk insentif RT, RW dan Kades Posyandu. 

 Sementara untuk pembangunan di desa yang bersumber dari Dana Desa belum bisa dilaksanakan terkecuali 34 desa baru itu sudah memperoleh transfer Dana Desa.

Kata Yuvensius Rafael, untuk transfer Dana Desa akan diterima 34 desa baru itu pada tahun 2024.  Kendati demikian, untuk kepastiannya, pihaknya di DPMD Sikka akan bersurat ke kementerian terkait untuk memastikannya. 

“Anggaran Dana Desa sudah ada pada tahun 2024. Tinggal saja kita mau bersurat ke kementerian untuk kepastiannya. Ini kan penjabat desa belum miliki RPJMDes, harus kades definitif. Jalan keluarnya kita bersurat ke kementerian, apakah boleh Dana Desa ini tanpa RPJMDes direncanakan lewat Musyawarah Desa-RKP Desa dengan merujuk pada SDGs dan IDM,” ujar Yuvensius Rafael. 

Lanjutnya, untuk memastikan itu, pihaknya akan bersurat ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Kementerian Dalam Negeri. 

“Kita akan bersurat kesana, jawabannya akan menjadi pegangan kami, ini akan menjadi dasar dalam perencanaan selanjutnya,” ujarnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *