Pencarian Seorang Nelayan yang Hilang di Perairan Bola, Sikka Nihil, Tim SAR Tutup Operasi SAR

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Pencarian seorang nelayan yang hilang oleh Tim SAR Gabungan di perairan Bola, Kabupaten Sikka.

FLORESPEDIA.ID-Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Basarnas Maumere, Lanal Maumere, Polair Sikka, Polsek Bola, PMI Sikka, Tagana Maumere serta keluarga dan nelayan setempat, telah melaksanakan pencarian hingga hari ketujuh terhadap seorang nelayan sikka yang bernama Muhammad Abdul (42 tahun) yang beralamat di Kelurahan Wuring, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka nihil dan dinyatakan hilang.

Demikian disampaikan oleh Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan kepada media, Minggu (30/7/2023) sore.

Dikatakannya, korban yang hilang sejak hari Senin, 24 Juli 2023 di perairan Desa Wolokoli, Kecamatan Bola, kabupaten Sikka, dan dilakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan selama 7 hari berturut-turut.

“Pencarian dilakukan dengan mengerahkan rubber boat Basarnas Maumere di sekitar lokasi kejadian serta penyisiran darat di punggir pantai wolokoli tidak membuahkan hasil atau nihil,” ujar Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan.

Lanjutnya, pelaksanaan penutupan operasi SAR dilakukan dengan evaluasi bersama antara Tim SAR Gabungan dengan keluarga korban bahwa pelaksanaan pencarian dan pertolongan sesuai No.29 Tahun 2017 Pasal 34 bahwa pelaksanaan pencarian dan pertolongan dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 7 hari namun apabila korban ditemukan setelah penutupan, maka operasi SAR dapat dibuka kembali.

Ia menambahkan, adapun kronologi bermula saat korban pergi melaut Minggu, 23 Juli 2023 pukul 15.30 Wita, menggunakan perahu motor dari Desa Wolokoli, keesokan paginya 24 Juli 2023 nelayan disekitar kejadian melihat lampu perahu korban masih hidup namun korban tidak ada di atas perahu tersebut. Menurutnya, telah diupayakan pencarian oleh keluarga dan nelayan setempat namun masih nihil hingga melaporkan kerjadian tersebut ke Kantor Basarnas Maumere.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *