Peringati Harkopnas ke-76, Keluarga Besar Kopdit Obor Mas Apel Khusus Kenakan Ragam Busana Adat NTT

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Pose bersama Pengurus dan Manajemen Kopdit Obor Mas dengan busana adat usai gelar Apel di halaman Kantor Pusat, Jl Kesehatan Maumere, Rabu, (12/7/2023). Foto:Mario WP Sina.

FLORESPEDIA.ID-KSP Kopdit Obor Mas dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-76, menggelar apel yang diikuti oleh 10 cabang wilayah kerja kantor cabang utama Maumere bertempat di Kantor Pusat KSP Kopdit Obor Mas di Jalan Kesehatan, Kota Maumere, Rabu (12/7/2023) pagi.

Selain diikuti oleh 10 cabang, apel peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 juga diikuti oleh kantor cabang lainnya di wilayah Provinsi NTT.

Pantaua media ini, dalam apel memperingati Hari Koperasi Nasional ke-76, tampak jajaran manajemen dan pengurus KSP Kopdit Obor Mas tampil mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Provinsi NTT.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dalam sambutannya yang dibacakan oleh pembina upacara, Andreas M.Mbete, mengatakan, Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023 mengusung tema “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” dengan tagline “Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju”.

Lanjutnya, ibarat Kendaraan, koperasi ini seperti bus yang mengangkut banyak orang. Jumlah tersebut menjadi salah satu kekuatan koperasi dengan cara menyatukan kepentingan anggota untuk melakukan pengadaan, produksi, pengolahan atau pemasaran bersama. Sehingga di negara-negara maju, koperasi anggotanya ribuan, ratusan ribu dan bahkan jutaan orang. Mereka menginsyafi betul bahwa kekuatan bersama/kolektif adalah kunci sukses koperasi.

Best Practice semacam itu harus kita contoh dan kembangkan di berbagai wilayah Indonesia.

Menteri Teten Masduki dalam sambutan tertulisnya juga menggarisbawahi bahwa pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

‚ÄúDari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya,” ujarnya.

Menurut Menteri Teten Masduki, setiap wilayah, kota/kabupaten di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya. Koperasi sektor riil harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut.

Tujuannya agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat di wilayah tersebut.

Sementara itu, General Manajer (GM) KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering kepada wartawan usai mengikuti apel mengatakan, Obor Mas menggelar secara serentak apel memperingati HUT ke-76 Koperasi pada 22 Cabang di NTT dengan kemasan budaya nusantara.

Kemasan budaya nusantara ini menggambarkan kebersamaan dalam  persatuan  dan gerakan koperasi tidak membedakan suku, adat, ras, agama.

Yanto, demikian ia disapa juga mengatakan, bertepatan dengan Harkopnas 2023 ini, KSP Kopdit Pbor Mas mendapatkan penghargaan Dekopin Award sebagai Koperasi Penyalur KUR Terbaik di Indonesia.

“Penghargaan Dekopin Award ini diberikan oleh Dekopin di Jakarta hari ini yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Menteri Koperasi,” jelas Yanto.

Usai apel peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76, dilangsungkan kuis berhadiah yang diikuti oleh karyawan Koodit Obor Mas yang hadir dari 10 cabang.

Pada malam hari ini, akan dilangsungkan pula Misa Syukur Hari Koperasi Nasional ke-76 tingkat KSP Kopdit Obor Mas dan makan malam bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *