Realisasi Fisik Pembangunan Dapur Gizi dan Ruang Rawat Inap RS Pratama Doreng Baru Mencapai 2 Persen Lebih

waktu baca 3 menit
Keterangan foto: Kondisi realisasi fisik bangunan Dapur Gizi RS Pratama Doreng. Foto: istimewa.

FLORESPEDIA.ID-DPRD Kabupaten Sikka menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PUPR Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan DPKAD Sikka, Selasa (13/6/2023).

Dalam RDP yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD Sikka, PPK Pembangunan Rumah Sakit Pratama Doreng, Gregorius Geovani, menyebutkan, progres dua kegiatan konstruksi dari Paket Pembangunan Rumah Sakit Pratama Doreng baru mencapai 2 persen pada 8 Juni 2023 ini.

PPK Pembangunan Rumah Sakit Pratama Doreng, Gregorius Geovani mengungkapkan, kedua pekerjaan konstruksi tersebut yakni Pembangunan Dapur Gizi oleh CV JR Permai baru mencapai 2,68 persen realisasi fisik, sementara pembangunan Ruang Rawat Inap juga mengalami progres lambat dimana baru mencapai 2,21 persen yang dikerjakan oleh penyedia lainnya.

Kendati demikian, Gregorius Geivani selaku PPK masih optimis pekerjaan tersebut bisa diselesaikan.

“Untuk pekerjaan ruang rawat inap sudah selesai pematangan, Minggu ini sudah bisa patok. Kami tetap koordinasi dengan penyedia jasa dan tenaga kerja dari luar juga sudah siap,” ungkap Gregorius Geovani dalam RDP itu.

Selain kedua paket konstruksi tersebut, paket lainnya juga belum selesai. Paket pekerjaan konstruksi Pembangunan Bangunan Utama Rumah Sakit Pratama Doreng senilai Rp 10 miliar realisasi fisik baru mencapai 65, 09 persen. Paket ini dikerjakan oleh CV. Garot Utama Jaya.

Demikian juga paket lainnya, yakni Pembangunan Bangunan Penunjang Rumah Dinas baru mencapai 38,69 persen. Sementara itu, bangunan penunjang yakni rumah dinas lainnya sudah mencapai 78 persen dan 92 persen.

Lantaran bangunan utama dan ruang rawat inap belum diselesaikan, pekerjaan lain seperti pemasangan kanopi dan koneksi antar bangunan ditangguhkan.

Di sisi lain ada juga pekerjaan dinyatakan sudah hampir selesai seperti IPAL dan sumur bor. Hanya saja untuk kedua pekerjaan ini pengujian baru bisa dilakukan bila pekerjaan lain sudah selesai.

Ia memastikan, saat ini rekanan pelaksanan sedang belanja pompa air untuk kebutuhan koneksi dari sumur bor ke bak.

Kata Gregorius Geovani, untuk paket terkahir IPAL, saat ini sudah selesai, alat sudah masuk, sudah uji coba, namun belum keseluruhan karena IPAL koneksi utamanya harus terhubung ke instalasi limbah.

Secara umum bisa diselesaikan sampai dengan bulan September tapi perlu upaya ekstra. Saya terus terang mengapresiasi penyedia jasa karena progres baru bisa meningkat setelah pematangan selesai pada bulan Januari,” ujarnya.

Keterangan foto: RDP DPRD Sikka bersama Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan DPKAD Sikka, Selasa (13/6/2023). Foto: istimewa.

Untuk diketahui, batas waktu penyelesaian kegiatan pembangunan yang bersumber dari dana pinjaman daerah pada PT.SMI adalah 31 September 2023.

Sementara itu, Anggota DPRD Sikka, Yohanes Don Bosco mengatakan, dirinya pesimis dengan keseriusan rekanan pelaksana pembangunan Dapur Gizi yakni JR Permain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Ia juga mengaku heran kontraktor ini selalu memenangkan berbagai tender proyek.

“JR Permai ini jangankan Rp 800 juta, itu yang Rp 17 juta untuk bangun rumah layak huni di Palue saja putus kontrak. Hanya Republik Sikka ini yang ikut tender menang terus. Ini orang saya bingung. Tapi dia bisa menang pekerjaan yang besar-besar. Saya kira untuk paket ini, dari pada menghambat, sebaiknya orang ini kaji baik-baik untuk putus kontrak biar ganti yang lain kerja,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *