Dinas Pertanian Sikka Vaksinasi 2.029 HPR untuk Cegah Penyebaran Rabies  

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Kadis Pertanian Sikka bersama petugas keswan saat vaksinasi rabies di Desa Nelle Lorang, Selasa (23/5/2023). Foto: istimewa.

Maumere – Dinas Pertanian Kabupaten Sikka terus menggencarkan penyuntikan vaksin rabies di beberapa wilayah titik rawan penularan rabies di Kabupaten Sikka.

Hingga 21 Mei 2023, tercatat petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Sikka telah melakukan vaksinasi terhadap 2.029 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) yang tersebar di 8 desa/kelurahan di Kabupaten Sikka.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Yohanes Emil Satriawan.

Kadis Pertanian Sikka mengatakan, pada Selasa (23/5/2023), pihaknya melakukan vaksinasi rabies di Kecamatan Nelle dimana mendapat respon positif dari warga pemilik anjing.

“Kesadaran warga Kecamatan Nelle melakukan vaksinasi rabies bagi anjing peliharaan sangat tinggi. Hari ini sekitar 200-an dosis vaksin terpakai,” ujar Jemi Sadipun, demikian ia disapa.

Lanjutnya, bahkan, warga pun rela mengeluarkan biaya untuk mendapatkan vaksinasi rabies seandainya vaksin sudah berbayar atau stok habis. Kendati demikian, pihaknya tetap menjelaskan bahwa vaksinasi rabies yang digelar Dinas Pertanian Sikka gratis.

Ia mengaku, tidak menemukan kendala saat melakukan vaksinasi di Kecamatan Nelle.

“Sebelumnya kendala terlalu banyak, ada warga yang tidak mau anjingnya divaksin, malah suruh kami tangkap sendiri. Hari ini kami tidak menemukan kendala,” ungkapnya.

Dia mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi rabies yang digelar di Kecamatan Nelle.

Pada kesempatan itu, ia mengimbau warga Kabupaten Sikka agar meningkatkan kesadaran dalam mencegah penularan rabies dengan memberikan vaksin bagi HPR serta mengikat atau mengandangkan anjing peliharaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *