Peringatan Hari Buruh di Sikka Diisi dengan Jalan Santai, Senam Kebugaran dan Sosialisasi BPJS

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Kegiatan Jalan Santai dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, Senin, 01 Mei 2023. Foto:istimewa.

FLORESPEDIA.ID-Memperingati Hari Buruh Internasional atau populer dikenal dengan May Day, ribuan pekerja, pengusaha (pemberi kerja) dan Pemkab Sikka melaksanakan kegiatan Jalan Santai, Senam Kebugaran Bersama dan Sosialisasi terkait BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta ini dipusatkan di Lapangan Kota Baru Maumere, Senin (1/05/2023) pagi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sikka, Valerianus Samador mengatakan, kegiatan yang digelar hari ini dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau populer dikenal dengan May Day.

Kata Valerianus Samador, kegiatan hari ini diikuti ribuan peserta yang berasal dari perusahan BUMN, BUMD, koperasi dan lainnya.

“Hari ini kita awali dengan Jalan Sehat Bersama yang titik start dan finisnya di Lapangan Umum Kota Baru dilanjutkan dengan Senam Kebugaran Bersama kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis santunan kecelakaan kerja dan kematian kerja dan ada sosialisasi singkat dari Dinas Nakertrans, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah diharapkan paradigma May Day yang selama ini lebih kepada tuntutan kepada pemerintah, kita harapkan berubah ke perjuangan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas pekerja dengan pelatihan-pelatihan kompetensi.

“Ini baru pertama kali kita gagas ini di Kabupaten Sikka jadi titik tolak untuk tahun selanjutnya dengan kegiatan yang lebih besar lagi,” ujarnya.

Kadis Nakertrans juga berpesan kepada pekerja dan buruh di Kabupaten Sikka, terkait tema nasional untuk merajut kebersamaan antara pekerja, pengusaha dan pemerintah untuk saling membangun komunikasi yang intensif untuk sama-sama meredam berbagai persoalan.

“Kami pemerintah senantiasa memberikan pencerahan dan sosialisasi pada pengusaha maupun pekerja supaya hak-hak masing-masing pihak itu bisa dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutan mengatakan, kita bersyukur untuk pertama kalinya di Kabupaten Sikka, kita bisa merayakan May Day ini secara bersama-sama sebagai wujud kerja sama tri partit yang terdiri dari serikat pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Lanjutnya, perayaan peringatan May Day tingkat Kabupaten Sikka merupakan momentum berharga dan bersejarah bagi para buruh, pekerja, karyawan bersama para pemilik perusahaan dan pimpinan perusahaan selaku pemberi kerja.

Momentum kegiatan hari ini memiliki dampak strategis hubungan industrial antara pekerja dan pemberi kerja yang harmonis, dinamis dan berkeadilan bagi kesejahteraan pekerja atau buruh.

Sebagai bagian dari pemerintah, Pemkab Sikka melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menginisiasi penyelenggaraan kegiatan ini untuk lebih menumbuh kembangkan tali silaturahmi dan sinergitas sehingga diharapkan dapat semakin meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaan dan ketahanan sosial dalam melihat isu-isu ketenagakerjaan yang sangat dinamis.

“Ke depan pada tahun-tahun mendatang dengan berbasiskan kesan dan pengalaman perayaan peringatan May Day tahun ini, kita bisa melaksanakan kegiatan yang lebih banyak lagi dan durasi waktu yang lebih lama dan melibatkan buruh, pekerja, karyawan yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Menurutnya paradigma May Day sudah saatnya digeser dari paradigma lama mengajukan tuntutan kepada pemerintah dan diubah dengan paradigma baru memperjuangkan peningkatan kompetensi buruh atau pekerja melalui pelatihan-pelatihan kompetensi yang akan berdampak terhadap produktivitas kerja, karir dan upah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *