Jalin Sinergitas, Basarnas Maumere Ajarkan Tagana Pertolongan di Ketinggian dan Pemindahan Korban

waktu baca 2 menit
Keterangan foto:Personel Tagana Sikka saat mengikuti pelatihan. Foto:Dok.Basarnas Maumere.

FLORESPEDIA.ID-Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere jalin sinergitas dan koordinasi SAR dengan Dinas Sosial Kab.Sikka dan Tagana untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam menghadapi kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di Kabupaten Sikka.

“Sebelumnya saya berterima kasih kepada Kepala Dinas Sosial Sikka bapak Rudolfus Ali yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bersama-sama melaksanakan latihan dan sosialisasi penanganan cepat korban bencana kepada seluruh anggota Tagana Sikka,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Mexianus Bekabel.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada kesempatan kali ini, pihaknya mengajarkan ilmu pertolongan di ketinggian atau yang biasa sisebut HART (High Angle Rescue Technique) serta teknik pemindahan korban dalam keadaan darurat.

Keterangan foto: pose bersama peserta latihan bersama dan tamu undangan. Foto:Dok.Basarnas Maumere.

Ia berharap para anggota Tagana dapat merefresh kembali ilmu HART dan teknik pemindahan korban sehingga bisa menolong korban dengan mengutamakan keselamatan diri sendiri dan korban.

Turut hadir Anggota DPRD Sikka Ambrosius pada pembukaan kegiatan latihan bersama.

Ia mengatakan, kegiatan sosial dan tanggap bencana merupakan bagian yang wajib kami perhatikan.

“Mewakili ketua DPRD Kab.Sikka sangat mengapresiasi sinergitas Dinas Sosial Sikka dengan Basarnas Maumere dalam pemberian ilmu SAR. Semoga kedepan Basarnas Maumere dan Tagana terus bersinergi terlebih sudah pernah bersama-sama menangani operasi SAR Kapal mati kesin jangkar samudra dengan jumlah nelayan yang terevakuasi sebanyak 26 Orang di perairan maumere,” ujarnya.

Adapun anggota Tim Tagana yang melaksanakan praktik teknik pertolongan diketinggian dan pemindahan korban sebanyak orang 25 serta Tim Rescue Basarnas Maumere sebanyak 8 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *