Kopdit Pintu Air Gelar Festival HUT Pintu Air ke-28, Hadirkan Pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif di Sikka

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Wabup Sikka dan jajaran pengurus saat meninjau Lomba Seduh Kopi, Senin (17/04/2023) sore. Sumber foto:istimewa.

FLORESPEDIA.ID-Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28, KSP Kopdit Pintu Air menggelar kegiatan Festival HUT Pintu Air ke-28 dengan menggandeng para pelaku UMKM di Kabupaten Sikka.

Festival Pintu Air ini digelar di Pintar Air Beach (PAB) pada Senin (17/04/2023) sore sampai Rabu (19/04/2023).

Ketua panitia Festival Pintu Air, Stefanus Wona mengatakan, Festival Pintu Air ini terselenggara berkat kerjasama KSP Kopdit Pintu Air dengan pelaku UKM di Kabupaten Sikka, dimana kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT KSP Kopdit Pintu Air ke-28 dan menyongsong RAT Tahun Buku 2022.

Lanjutnya, festival ini digelar selama 3 hari dengan peserta bazar 54 orang pelaku UKM dengan penanggung jawab Serly Irawati dari AKU Sikka.

Selanjutnya, lomba fasion show terdiri dari dua kategori yakni untuk anak berusia 6-8 tahun dan anak berusia 9-12 tahun dengan penanggung jawab Kristin Kayat.
Ketiga lomba Seduh Kopi untuk kategori umum dengan peserta 11 orang dengan penanggung jawab Isye Fernandez.

Keempat, lomba mewarnai dan menggambar dimana untuk mewarnai bagi TK jumlahnya 40 siswa peserta dan lomba menggambar untuk SD dengan jumlah peserta 60 orang. Penanggung jawab kegiatan ini Cucun Suryana.

Kelima, lomba tarian kreasi dengan peserta 9 grup dengan penangung jawab Irvin Jano.

Keterangan foto:Wabup Sikka, Romanus Woga saat membuka pelaksanaan Festival Pintu Air, Senin (17/04/2024) sore. Foto:istimewa.

Stefanus Wona menambahkan, dalam festival ini pihaknya juga menyediahkan voucher belanja yang bisa ditukarkan dengan berbagai produk UMKM di lokasi festival selama 3 hari acara.

Pantauan media ini, Festival Pintu Air dibuka secara resmi oleh Wakil bupati Sikka, Romanus Woga.

Pada kesempatan itu, Romanus Woga mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih kepada KSP Kopdit Pintu Air yang menggandeng pelaku UMKM dalam upaya memberdayakan pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Sikka.

“Kegiatan ini juga upaya untuk membangun komitmen bersama memberdayakan sejuta pelaku usaha ekonomi kreatif, masyarakat nelayan, petani, peternak dan buruh di tahun-tahun mendatang,” ujar Wabup Romanus Woga.

Pantuan media ini, usai membuka pelaksanaan festival, Wabup Romanus Woga didamping Ketu Pengurus Pintu Air, Yakobus Jano, GM KSP Kopdit Pintu Air, Gabriel Sorowutun, dan beberapa tamu undangan, meninjau satu per satu stand UKM yang memajang aneka produk usaha. Mereka juga turut menyaksikan Lomba Seduh Kopi yang diikuti oleh 9 orang peserta lomba.

Ditemui di sela-sela festival, Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengatakan, festival yang digelar hari ini sebagai wujud komitmen Pintu Air memberdayakan sejuta pelaku usaha ekonomi kreatif masyarakat Nelayan Tani Ternak dan Buruh, yang dimulai dari Kabupaten Sikka hingga ke seantero nusantara, tempat dimana kantor cabang atau kantor cabang pembantu KSP Kopdit Pintu Air berada.

“Tujuan utama dari kegiatan Semarak HUT 28 ini adalah untuk mendampingi anggota Pintu Air agar bisa beralih ke sektor riil, sehingga tidak ada lagi diantara mereka yang harus bekerja serabutan tetapi sudah dipastikan memiliki usaha sendiri meskipun usaha kecil-kecilan,” ujar Yakobus Jano.

Ia juga mengakui, selama ini pihaknya belum menyentuh atau mendampingi secara khusus UMKM anggota yang ada. Untuk itu, pihakntya mencoba dengan menggandeng mitra UMKM di Sikka untuk bisa melakukan pendampingan bagi anggota KSP Kopdit Pintu Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *