Ratusan Warga Desa Mahekelan, Sikka, yang Mengungsi Akibat Banjir, Telah Kembali ke Rumah

waktu baca 2 menit
Keterangan foto:Warga Desa Mahekelan mengungsi di Kantor Camat Waigete, Selasa (11/04/2023) malam. Foto:Mario WP Sina.

FLORESPEDIA.ID-Ratusan warga Desa Mahekelan, Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka yang mengungsi ke Kantor Camat setempat, saat ini telah kembali ke rumah masing-masing.

Kepada media, Camat Waigete Marianus Anti mengatakan, kurang lebih 300 warga sudah kembali sejak pukul 06.30 Wita, Rabu (12/04/2023) pagi.

Kata Camat Marianus, warga masyarakat memilih kembali ke rumah karena banjir yang mengancam pemukiman warga sejak Selasa (11/4), sudah mulai surut.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar tetap hati-hati dan waspada, karena dengan kondisi cuaca yang belum normal, bisa saja terjadi lagi banjir bandang,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan media, ratusan warga Mahekelan mengungsi ke Kantor Camat Waigete setelah banjir akibat luapan Sungai Waigete meluap pada Selasa (11/04/2023) malam.

Sungai Waigete meluap setelah hujan besar di bagian pegunungan wilayah Kecamatan Waigete.

Pantauan media ini, Rabu (12/04/2023) subuh, tampak warga yang didominasi oleh lansia, perempuan dan anak-anak, memilih untuk mengungsi di Kantor Camat Waigete.

Tampak petugas BPBD menjemput warga di Kampung Lihe Dogot dan Kampung Pigang karena air dari sungai sudah meluap dan memasuki rumah warga.

Penjabat Kades Mahekelan, Wilem Woda mengatakan, warga mengungsi karena ada banjir di kali dimana awalnya banjir hanya di kali namun ketika mulai reda, banjir masuk di kubangan-kubangan yang digali para pengusaha lalu tergenang disitu dan sekarang siap meluap sehingga harus cepat-cepat kita ungsikan mereka ke tempat yang lebih aman.

Lanjutnya, diperkirakan ada 300 warga yang mengungsi ke Kantor Camat Waigete.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *