Kirab Salib IYD 2023 Disambut Ratusan Umat Katolik di Stasi Wairita-Paroki Renha Rosari, Sikka

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Penyambutan kirab Salib IYD di Stasi Wairita, Selasa (11/04/2023) sore. Foto:Mario WP Sina.

FLORESPEDIA.ID-Sejumlah paroki di wilayah Keuskupan Maumere menggelar serangkaian kunjungan perarakan Salib Indonesia Youth Day (IYD) 2023.

Perarakan Salib IYD yang dimulai pada 12 Maret 2023 di Paroki Boganatar, saat ini telah sampai di Paroki Renha Rosari Kewapante tepatnya di Stasi Wairita.

Ratusan umat Katolik Stasi Wairita, pada Selasa (11/04/2023) sore, menyambut Salib Indonesia Youth Day (IYD) 2023.

Salib IYD diantar oleh Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Ili di perbatasan Paroki Kewapante dan Paroki Bolawolon di Wairotang dan diarak menuju ke Stasi Wairita.

Pantauan media ini, setibanya di Kampung Wairita, Salib IYD disambut dengan sapaan adat dan huler wair oleh tokoh adat Desa Hoder.

Usai sapan adat dan huler wair, Salib IYD diarak menuju Gereja Stasi Wairita. Sepanjang perjalanan 500 meter menuju gereja, diiringi dengan tarian hegong oleh umat Stasi Wairita.

Tampak pula aparat kepolisian dari Polsek Waigete mengawal jalannya acara penerimaan Salib IYD.

Moderator OMK Paroki Renha Rosari Kewapante, Pater Wahyu, SVD, mengatakan, Salib IYD sebetulnya ditempatkan pertama di paroki namun dengan pertimbangan dari Pastor Paroki Kewapante bahwa Stasi Wairita sebentar lagi akan menjadi paroki sehingga alangkah baiknya disini juga mengalami situasi untuk pengalaman ke depan sebagai paroki.

Lanjutnya, pada Rabu, 12 April 2033, umat dari 5 stasi yakni Stasi Wairita, Daranatar, Habijanang, Nangahaledoi dan Stasi Wolomapa, setelah selesai misa, akan mengarak Salib IYD ke pusat Paroki dan akan dijemput di gerbang paroki.

“Setelah dari Stasi Wairita, besok, Rabu 12 April, Salib IYD akan dilanjutkan ke paroki, akan diterima secara adat dan doa penyerahan dari umat Stasi Wairita ke umat di pusat paroki dengan 4 stasi lainnya yang ada disana,” ujar Pater Wahyu.

Kata Pater Wahyu, SVD, setelah itu pada keesokan harinya, 13 April 2023 sore, Salib IYD akan diarak ke Paroki Bolawolon.

Keterangan foto:Ratusan umat mengikuti penyambutan kirab Salib IYD di Stasi Wairita, Selasa (11/04/2023) sore. Foto:Mario WP Sina.

Ia juga mengatakan, perarakan Salib IYD yang digelar ini dalam rangka perayaan Indonesia Youth Day (IYD) di Palembang pada Juni mendatang.

“Ini namanya prosesi Salib Pra IYD untuk menyongsong IYD Juni mendatang yang akan diikuti oleh perwakilan orang muda dari 37 keuskupan. Dari Keuskupan Maumere akan diutus 39 peserta dari 39 paroki dan kuasi paroki,” ujarnya.

Seksi Kepemudaan Paroki Renha Rosari Kewapante, Gregorius Uran menambahkan, perarakan Salib IYD mulai dari Boganatar pada 12-13 Maret lalu dan berlanjut ke Paroki Nebe, Paroki Talibura, Tanarawa, Runut, Watubala, Kloangrotat, Watublapi, Kloangpopot, Halehebing, Habibola, Bola, Ili dan pada 11-12 April di Paroki Kewapante.

“Selanjutnya Salib IYD akan diantar oleh OMK dan umat Paroki Kewapante ke Paroki Bolawolon,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *