BMKG Stasiun Meteorologi Kupang Imbau Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang di NTT dari 8 hingga 11 April

waktu baca 2 menit
Sumber foto:istimewa.

FLORESPEDIA.ID-Stasiun Meteorologi Kupang merilis ada potensi cuaca ekstrem di wilayah Provinsi NTT dari 08-11 April 2023.

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi dalam siaran pers mengatakan, analisis pihaknya terpantau adanya bibit siklon tropis 98S di Laut Arafuru. Potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.

Lanjutnya, dampak tidak langsung dari bibit siklon tropis 98S terhadap cuaca di NTT yaitu adanya potensi peningkatan intensitas curah hujan dan peningkatan kecepatan angin.

Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung mulai tanggal 08-11 April 2023.

Lanjut Agung Sudiono Abadi, waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Ende, Nagakeo, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau untuk waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curamgunung/tebing, patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang.

Pihaknya juga meminta warga masyarakat untuk selalu memantau perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG melalui Stasiun Meteorologi El Tari Kupang dengan layanan informasi 24 jam 7 hari atau dapat langsung mengakses di aplikasi BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *