Stok Terbatas, Bulog Maumere Batasi Pembelian Beras Mitra RPK, Fokus Layani Warga yang Beli di Kantor

waktu baca 2 menit

MAUMERE-Halaman Kantor Bulog Sub Divisi Regional Maumere di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, setiap harinya pada jam kantor selalu dipadati oleh ratusan warga masyarakat yang datang untuk berbelanja beras yang dijual dengan harga terjangkau di Kantor Bulog Maumere dalam Operasi Pasar Murah tersebut.

Asisten Manajer SCPP Kantor Bulog Maumere, Dwi Cahyo Prasetyo, kepada media ini, Kamis (30/03/2023) siang melalui layanan pesan whatsapp, mengatakan, tingginya animo masyarakat Kabupaten Sikka untuk membeli beras di Kantor Bulog Maumere, membuat pihaknya memfokuskan pelayanan kepada warga yang datang berbelanja.

Lanjutnya, setiap harinya Bulog Maumere melayani pembelian beras bagi 500 Kepala Keluarga (KK) dmana masing-masing KK maksimal belanja 10 Kg beras atau setara 5 ton beras per hari.

“Kami sementara batasi 500 Kepala Keluarga per hari. 1 Kepala Keluarga maksimal pembelian 10 Kg,” ungkap Dwi Cahyo Prasetyo.

Dikatakannya, penjualan beras di halaman Kantor Bulog Maumere mengikuti hari kerja dengan mempertimbangkan stok yang tersedia dan juga kebijakan pimpinan.

Ditanya terkait penjualan beras melalui pedagang atau badan usaha yang menjadi mitra Rumah Pangan Kita (RPK), kata Dwi Cahyo Prasetyo, dengan kondisi saat ini, dari awal tahun sampai dengan awal Maret, pihaknya melakukan pembatasan pengambilan.

Harga yang dibeli oleh mitra RPK adalah Rp.8600 per Kg dengan pengambilan langsung di Gudang Bulog Maumere.

“Kemungkinan harga ini akan berubah, mengingat Badan Pangan Nasional sudah mengumumkan adanya kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditi beras. Sampai dengan saat ini, kami masih menunggu peraturan terkait dengan perubahan harga,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya memiliki sebanyak 38 mitra RPK terdaftar yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sikka. Untuk pembelian oleh mitra RPK, pihaknya tidak ada batasan pengambilan beras namun demikian sejak awal Maret pihaknya melakukan pembatasan pelayanan penjualan melalui mitra RPK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *