Diadukan Puluhan Nakes Puskesmas Wolomarang ke Dinkes Sikka, Kapus Pastikan Pelayanan di Puskesmas Tidak Terganggu

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Para nakes Puskesmas Wolomarang saat mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Senin (20/03/2023) pagi. Foto: istimewa.

MAUMERE-Puluhan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Wolomarang, Kabupaten Sikka pada Senin (20/03/2023) pagi mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka di Jalan El Tari, Kota Maumere.

Informasi yang dihimpun media, kedatangan puluhan tenaga kesehatan untuk mengadukan persoalan yang mereka alami di Puskesmas Wolomarang.

Pantauan media ini, para nakes bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus melakukan pertemuan secara tertutup. Usai rapat, para nakes langsung bergegas pulang, ketika media menanyakan apa yang dibicarakan bersama Kadis Kesehatan.

Mereka enggan menyampaikan keterangan kepada media, hanya belari terburu-buru ke parkiran untuk pulang dari Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Kepala Puskesmas Wolomarang, Apriani Nona Pehan yang dhubungi media ini via telfon, mengaku tidak tahu menahu kalau hari ini puluhan nakes di Puskesmas Wolomarang mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

“Saya tidak tahu mereka ke Dinkes itu terkait masalah apa, mereka pergi kan tanpa informasi ke saya,” ujar Kapus Wolomarang.

Ditanya apakah ada masalah internal antara dirinya selaku kepala puskesmas dengan para nakes, Apriani Nona Pehan menuturkan, dirinya berpikir tidak ada masalah, setiap pagi ada apel pagi dan dirinya memberikan pengarahan dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memberikan informasi ataupun pengaduan masalah.

“Karena saya kan wajib rutin ada apel pagi, saya memberikan arahan dan juga saya berikan kesempatan kepada mereka untuk memberikan segala macam informasi terkait dengan pelayanan sehingga saya menganggap tidak ada masalah. Saya kurang tahu kalau mereka tidak terbuka terhadap saya,” ujar Kapus Wolomarang.

Ia menuturkan, saat apel pagi, ia juga meminta kepada para nakes untuk secara terbuka menyampaikan masalah sekecil apapun sehingga tidak mengggangu pelayanan dan kerja di puskesmas.

Ia memastikan, walaupun  puluhan nakes mendatangi Kantor Dinkes Sikka, pelayanan kesehatan bagi pasien di Puskesmas Wolomarang tidak terganggu atau tetap berjalan seperti biasa.

“Pelayanan berjalan seperti biasa. Semua pelayanan di semua ruangan itu ada. Jadi ini tidak mengganggu proses pelayanan,” ujar Kapus Wolomarang.

Ia menuturkan, selaku kepala puskemas seharusnya kemana para nakes pergi perlu menginformasikan kepada dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *