Kemenhub Bangun Pelabuhan Lewoleba, DPRD Lembata Nyatakan Dukungan

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Rapat kerja antara DPRD Lembata bersama Syahbandar Lewoleba di kantor DPRD Lembata. Foto:Teddi L.

LEMBATA – DPRD Lembata menyatakan dukungan rehabilitasi dan pengembangan dermaga di Pelabuhan Laut Lewoleba yang dilakukan Kementerian Perhubungan.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Lembata Petrus Gero saat membacakan rekomendasi DPRD Lembata saat rapat kerja bersama pemerintah daerah dan Syahbandar Lewoleba, Rabu (25/1/2023).

Petrus Gero mengatakan, lembaga DPRD Lembata mengapresiasi Kepala Syahbandar yang telah melakukan presentasi terkait pengembangan dan rehabilitasi area dermaga Pelabuhan Lewoleba.

Kementerian Perhubungan RI sendiri sudah mengalokasikan anggaran Rp 83 miliar untuk perbaikan dermaga di Pelabuhan Lewoleba.

Petrus Gero menambahkan, pemerintah daerah juga harus segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait area pelabuhan di atas tanah pemda seluas 2,8 hektar untuk diserahkan pengelolaannya kepada pihak Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Lewoleba / Pelabuhan Lewoleba supaya memberi ruang kepada UMKM yang sudah dan sedang menjalankan usaha di atas lahan tersebut.

“Pemerintah daerah agar segera membentuk badan usaha pengelolaan pelabuhan melalui BUMD,” ungkap Petrus.

Dia juga meminta pemerintah daerah menyiapkan secara baik dokumen penyerahan lahan yang akan dikelola Kementerian Perhubungan RI sebagai kantor UPP Kelas III Lewoleba supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Rapat kerja tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa dan Kepala UPP Kelas III Lewoleba, Capt. Desmon Saterdi Menno.

Desmon pada kesempatan itu mempresentasikan master plan pengembangan dan rehabilitasi Pelabuhan Lewoleba di hadapan para anggota DPRD Lembata.

“Pengembangan pembangunan ini salah satunya untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan publik di Lembata,” sebut Desmon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *