Uskup Mgr Kopong Kung Nyatakan Prosesi Semana Santa Larantuka 2023 Dilaksanakan

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Patung Tuan Ma (Bunda Maria) diarak keliling kota Larantuka dalam prosesi Semana Santa (Istimewa).

LARANTUKA – Uskup Larantuka, Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr mengatakan, prosesi Semana Santa kembali akan dilakukan di tahun 2023.

“Saya akan umumkan bahwa perayaan itu (Semana Santa) jadi dilaksanakan,” kata Mgr Kopong Kung Pr, Selasa (10/1/2023).

Menurut Mgr Kopong Kung, perayaan Semana Santa akan tetap dijalankan namun hal itu berlangsung dengan persyaratan mengingat masih dalam massa COVID-19.

“Saya akan umumkan bahwa perayaan itu (Semana Santa ) jadi, tetapi tetap dengan persyaratan. Kita mesti terus waspada dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Mgr Kopong Kung.

Kepastian Semana Santa tahun ini menurut Mgr Kopong Kung akan dipastikan secara resmi sebelum akhir Januari 2023.

Uskup Larantuka ini mengaku bahwa tahun 2023, Semana Santa bisa kembali dilaksanakan karena Presiden Jokowi sudah mencabut kebijakan PPKM. Akan tetapi umat diharapkan selalu waspada dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Mgr Kopong Kung sendiri mengaku bahwa, umat Keuskupan Larantuka sudah lama merindukan perayaan Semana Santa. Pasalnya, sudah tiga tahun ritus umat Katolik itu tidak pernah dilakukan lantaran terhalang pandemi COVID-19.

Selama tiga tahun itu, sebut Mgr Kopong Kung, meski prosesi Semana Santa tidak dijalankan namun liturgi pekan suci tetap dijalankan.

“Sudah tiga tahun kita belum bisa merayakan yaitu tahun 2020, 2021, dan 2022 devosi tradisi Semana Santa seperti biasa karena kondisi pandemi COVID-19. Semua umat tentu memahami kondisi itu sehingga kita belum bisa laksanakan,” terang Mgr Kopong Kung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *