Pendekatan Pelayanan, Imigrasi Maumere Laksanakan Eazy Passport di Kota Ende

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Petugas Kantor Imigrasi Maumere melaksanakan pelayanan Eazy Passport bagi Jemaah Umroh di Kota Ende, Rabu (4/2/2023). Foto:Dok.Imigrasi Maumere.

MAUMERE-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil kemenkumham NTT yang
dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan kegiatan pelayanan Eazy Passport bagi Jemaah Umroh bertempat di Jalan Sudirman Kabupaten Ende pada Rabu (4/2/2023).

Pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Marselinus Ma beserta dua staf dan seorang PPNPN.

Pelayanan ini merupakan bentuk pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi
dengan membawa serta perangkat mobile paspor.

Masyarakat yang ingin mengajukan paspor secara kolektif atau secara berkelompok dapat mengajukan permohonan layanan Eazy Passport.

“Jadi konsepnya adalah semacam pelayanan jemput bola yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta mendekatkan diri kepada masyarakat,” ungkap Marselinus Ma.

Lanjutnya, pelayanan paspor jemput bola tersebut sangat membantu terutama bagi pemohon yang termasuk golongan rentan seperti lanjut usia, ibu hamil/menyusui, dan penyandang difable.

“Kita memberikan kesempatan kepada Perkantoran Pemerintah/ TNI / POLRI / BUMN / BUMD / Swasta, Institusi Pendidikan (sekolah/pesantren/asrama), Komunitas/organisasi dan kompleksperumahan/apartemen untuk mendapatkan pelayanan imigrasi di tempat mereka,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk mendapatkan layanan Eazy Passport dari Kantor Imigrasi Maumere caranya cukup mudah. Terlebih dahulu penanggung jawabnya mendata siapa saja anggotanya yang bersedia untuk proses paspor secara kolektif.

Sebagai catatan layanan ini hanya dapat melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena halaman penuh dan habis masa berlaku.

“Untuk permohonan penggantian paspor dengan alasan hilang, rusak atau perubahan data belum dapat diproses dalam layanan ini karena pemohon harus datang langsung ke Kantor lmigrasi,” jelas Marselinus Ma.

Lanjutnya, jika paspor sudah jadi dalam 3 hari kerja, setelah dilakukan pembayaran paspor, salah satu perwakilan komunitas/instansi dapat mengambil paspor di Kantor Imigrasi Maumere dengan membawa surat kuasa atau surat perintah dari pimpinan
komunitas/instansi.

“Alternatif lainnya paspor juga dapat dikirim melalui PT Pos dengan tambahan biaya pengiriman paspor sesuai tarif yang berlaku pada PT Pos,” tambah Marselinus Ma.

Salah satu pemohon Herman Zainal Sikki mengungkapkan rasa puas dan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere yang telah melayani langsung pemberian paspor di tempat pemohon mengingat cuaca juga menghemat tenaga, waktu dan juga biaya.

Pada kegiatan tersebut total pemohon berjumlah 15 orang. Dalam pelaksanaannya baik Petugas maupun pemohon tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19.

Artikel story ini kerja sama Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dan Florespedia.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *