Tanggapi Keluhan Warga, Ketua DPRD Manggarai Tinjau Jalan Rusak di Cibal

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Ketua DPRD Manggarai, Matias Masir saat meninjau lokasi proyek. Foto:Engkos Pahing.

RUTENG-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Matias Masir, meninjau langsung proyek peningkatan jalan dengan jenis konstruksi Lapisan Penetrasi Macadam (Lapen) Rehabilitasi Pemeliharaan Jalan dalam Kota Pagal, Kelurahan Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, NTT pada, Selasa (06/12) pagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini kunjungan Matias ke wilayah itu dalam rangka menanggapi keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan tersebut yang baru PHO pada bulan Oktober lalu.

“Peninjauan proyek ini berdasarkan keluhan warga kelurahan Pagal. Peninjauan ini juga sebagai tugas kami anggota dewan dalam menjalankan fungsi kontrol. Sehingga proyek pemerintah harus dipastikan memiliki mutu sesuai harapan masyarakat,” jelas Ketua DPRD itu di lokasi proyek pada, Selasa (06/12) pagi.

Ia mengatakan, proyek fisik di Kabupaten Manggarai harus diawasi secara ketat demi menjaga kualitasnya.

“Supaya kualitasnya baik dan bangunan bisa bertahan lama. Ini kita lakukan supaya uang daerah yang dikucurkan bermanfaat untuk masyarakat,” kata ketua DPRD itu.

Berdasarkan hasil pantauan langsung di lokasi proyek, kata Matias, ditemukan adanya titik proyek lapen yang rusak parah. Ia menduga kerusakan tersebut dikarenakan proses bakar aspalnya kurang matang, sehingga menyebabkan kerusakan.

“Seperti yang kita lihat di lokasi ini, ini kerusakan terjadi murni karena kurang matangnya bakar aspal ditambah dengan siram yang kurang merata,” ujarnya.

Dikatakannya, setelah melihat langsung kondisi jalan tersebut, pihaknya mendesak kontraktor untuk segera memperbaiki jalan tersebut.

“Mengenai jalan ini harus segera diperbaiki, ini kondisinya sangat parah, saya sudah melihat langsung,” bebernya lanjut.

Sementara itu, Konsultan Pengawas, Afri Eta di lokasi proyek mengakui kerusakan tersebut disebabkan karena kurang matangnya bakar aspal dan penyiraman yang tidak merata.

“Ia, apa yang disampaikan oleh pak Ketua DPRD tadi itu benar, itu salah satu penyebabnya, kita akui itu,” ujar Afri Eta.

Sementara itu, pihak kontraktor pelaksana, Hironimus Ancis mengaku bahwa pihaknya siap untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

“Ya, saya siap untuk memperbaiki kerusakan ini,” akunya di lokasi proyek pada, Selasa (06/12) pagi.

Untuk diketahui proyek lapen tersebut merupakan rehabilitasi pemeliharaan jalan dalam Kota Pagal, Kelurahan Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai yang dikerjakan oleh CV. Sinar Hidup dengan pagu anggaran Rp 292.000.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Manggarai Tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *