Tekanan Inflasi di Kota Maumere pada November 2022 Alami Penurunan

waktu baca 2 menit
Kepala BPS Sikka, Kristanto Setyo Utomo

MAUMERE-Pada November 2022, Kota Maumere terjadi Inflasi sebesar 0,43% dibanding bulan sebelumnya (month to month).

Kondisi ini menggambarkan bahwa tingkat harga di Kota Maumere pada bulan ini secara umum mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Sikka, Kristanto Setyo Utomo, dalam siaran pers yang diterima media ini, Kamis (1/12/2022).

Lanjutnya, jika dilihat sepanjang tahun 2022 sampai bulan November ini, Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 5,12% (year on date).

Sedangkan dibandingkan bulan November 2021 yang lalu, pada November 2022 ini Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 5,47% (year on year).

“Dari hasil ini menunjukkan bahwa tekanan inflasi di Kota Maumere kembali menurun, setelah pada bulan lalu inflasi tahunan (Oktober 2021 – Oktober 2022) mencapai 5,53%,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, inflasi di Kota Maumere disebabkan oleh peningkatan harga secara umum pada 6 dari 11 kelompok pengeluaran.

Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks harga paling besar adalah Kelompok Rekreasi, Olah raga dan Budaya yaitu mencapai 2,01 persen.

Meskipun mengalami peningkatan paling signifikan pada kelompok ini, dari tiga sub kelompok yang ada, hanya Sub Kelompok Koran, Buku, dan Perlengkapan Sekolah yang mengalami peningkatan yaitu sebesar 2,95%. Sedangkan sub kelompok yang lain relatif stagnan.

Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau dimana merupakan kelompok dengan share terbesar juga mengalami peningkatan indeks harga secara umum, yaitu sebesar 0,79%.

Peningkatan ini didorong oleh meningkatnya tiga sub Kelompok yang ada pada kelompok ini yaitu Sub Kelompok Makanan yang meningkat sebesar 0,72%, Sub Kelompok Minuman tidak beralkohol sebesar 0,79% dan Sub Kelompok Rokok dan Tembakau sebesar 1,35%

“Dari hasil penghitungan indeks pada bulan November 2022 ini, meskipun pada bulan ini Kota Maumere mengalami inflasi, namun masih relatif rendah,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, dari hasil pemantauan perkembangan harga secara tahunan dapat dikatakan bahwa tekanan inflasi di Kota Maumere kembali mengalami penurunan.

“Kondisi ini harus terus dijaga dengan baik agar daya beli masyarat tetap stabil mengingat saat ini sudah masuk pada akhir tahun serta menjelang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *