Vonike Radjah: Doa Saya Terjawab Lewat Kopdit Obor Mas

waktu baca 5 menit
Keterangan foto: Anggota Kopdit Obor Mas Kabupaten Kupang, Vonike T. L. Radjah.

KUPANG-Vonike T. L. Radjah atau yang akrab disapa Voni adalah salah satu anggota Kopdit Obor Mas dari Kabupaten Kupang yang aktif dan kini ia diberikan kepercayaan untuk menjadi pengurus kelompok sahabat (PKS) Obor Mas wilayah Oesao dan sekitarnya.

Vony memiliki suami bernama Joni Dodi Soares dan dikaruniai satu orang anak. Kini mereka tinggal menetap di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Vony selama ini membantu pihak manajemen Kopdit Obor Mas Kota Kupang dengan mengumpulkan orang dan mengundang staf Kopdit Obor Mas untuk melakukan sosialisasi dan motivasi.

Berkat bantuan Vony, kini sudah semakin banyak warga Kabupaten Kupang yang bergabung dan telah menikmati pinjaman modal usaha berbunga murah dari produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan dana Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

Ketika dihubungi media ini via telepon genggam, Vony bercerita kalau ia sangat merasakan kebaikan dari Kopdit Obor Mas yakni ia bisa mendapatkan kredit yang lumayan besar untuk take over kredit mobil di leasing serta menebus BPKB motor.

“Ini luar biasa sekali menurut saya dimana Kopdit Obor Mas bisa mempercayai saya dengan angka kredit yang cukup besar, karena beberapa lembaga keuangan yang tidak percaya saya dengan melihat penampilan saya saja orang tidak yakin tapi Kopdit Obor Mas bisa mempercayai saya” ungkap Vony dengan air mata berkaca-kaca.

Vony bercerita bahwa ia pertama kali mendapat info tentang Kopdit Obor Mas dari salah satu temannya yang memberikan brosur pada tahun 2021 lalu.

Dari brosur tersebut ia mendapatkan nomor handphone salah satu staf pemasaran Kopdit Obor Mas Kota Kupang yang bernama Okta dan akhirnya ia pun menghubungi nomor tersebut.

Komunikasi terjalin pada bulan Oktober 2021 antara Vony dan Okta dan setelah mendapat penjelasan dari Okta ia tidak serta merta percaya begitu saja dan akhirnya Vony pun menghubungi keluarganya di Maumere untuk memastikan keberadaan Kopdit Obor Mas.

“Keluarga saya di Maumere memberikan informasi positif tentang Kopdit Obor Mas bahwa koperasi ini memang memiliki kantor pusat di Maumere dengan cabang di seluruh pulau Flores serta menjadi satu-satunya koperasi di provinsi NTT yang menyalurkan KUR,” ungkap Vony.

“Setelah mendengar info dari keluarga, akhirnya membuat saya dan suami pun jatuh hati dan langsung mendaftarkan diri menjadi anggota Kopdit Obor Mas pada akhir Januari 2022 dan puji Tuhan bulan Februari 2022, saya mendapatkan kredit dengan nilai yang cukup besar untuk take over mobil pick up dan BPKB motor di leasing” lanjut Vony penuh syukur.

Berkat yang ia peroleh dari Kopdit Obor Mas tersebut berupa pinjaman KUR dengan proses yang tidak berbelit-belit merupakan satu pengalaman positif yang membuat Vony tergerak hatinya untuk membagikan informasi terkait Kopdit Obor Mas ini kepada keluarga dan masyarakat lainnya.

Vony yang keseharian merupakan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kupang tidak mengalami kesulitan untuk membagikan informasi ini karena hampir setiap hari ia berada di lapangan bersama masyarakat.

“Saya merasa Kopdit Obor Mas adalah jawaban atas doa saya selama ini sehingga ini adalah berkat yang saya peroleh dari Tuhan dan hendaknya saya bagikan kepada sesama saya” ucap wanita kelahiran Sumba ini.

“Ternyata Kopdit Obor Mas tidak memandang siapa dia anggotanya dan bahkan tidak melihat alas kaki apa yang ia pakai, buktinya saya seperti ini tapi dipercayakan kredit besar yang mungkin di tempat lain saya tidak diperhitungkan sama sekali dan juga prosesnya tidak berbelit-belit seperti di tempat lain pada umumnya” lanjutnya.

Manager Kopdit Obor Mas kantor cabang utama Kota Kupang, Rofinus Mambo.

Saat ditanya apa mimpi selanjutnya, Vony menyampaikan bahwa setelah selesai kredit pertama ini, ia akan kembali mengajukan kredit kedua untuk membeli satu unit pick up lagi dan satu unit mobil rental.

“Setelah kredit ini selesai, saya berencana akan kembali mengajukan kredit kedua dimana saya akan membeli satu unik pick up dan satu unit mobil untuk rental dan sisanya untuk saya kembangkan kembali usaha ternak babi dan juga ayam bangkok” jelas ibu satu anak ini.

Staf pemasaran Kopdit Obor Mas Kota Kupang, Oktavianus Wio atau yang akrab disapa Okta ketika dimintai pendapat terkait anggota ini menyampaikan bahwa Vony merupakan salah satu anggota yang sangat aktif dan paham tentang hak dan kewajibannya.

“Ibu Vony ini kalau mau dibilang ya anggota yang paling aktif untuk wilayah Kabupaten Kupang. Ia selalu mengangsur kreditnya tepat waktu dan bahkan sebelum tanggal jatuh tempo ia sudah setor,” ungkap Okta.

Sementara itu manager Kopdit Obor Mas kantor cabang utama Kota Kupang, Rofinus Mambo menyampaikan, Vony tidak hanya menjadi anggota biasa tetapi juga akan diberikan kepercayaan untuk menjadi salah satu Pengurus Kelompok Sahabat (PKS) Obor Mas Kabupaten Kupang.

“Ibu Vony ini luar biasa, selain menjadi anggota yang paling aktif dari sisi simpan pinjam tetapi juga paling aktif dan semangat mengajak masyarakat untuk bergabung di Kopdit Obor Mas,” ungkap Marko panggilan akrab Rofinus Mambo.

Marko juga menyampaikan bahwa tidak sulit bagi Vony untuk mengajak orang karena ia sendiri adalah salah satu pendamping PKH yang nota bene hampir setiap hari bersama masyarakat sehingga sangat tepat ia diberikan kepercayaan untuk menjadi salah satu pengurus kelompok solidaritas Obor Mas.

“Setiap kali kalau ibu Vony mengundang kami untuk melakukan sosialisasi bagi calon anggota baru itu saya sangat antusias karena sudah pasti banyak yang masuk karena sebelum peserta mendapat sosialisasi dari kami, terlebih dahulu sudah dijelaskan oleh ibu Vony secara garis besar sehingga sangat membantu kami di lapangan” ungkap pria kelahiran Ende ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *