Yakobus Jano Ajak Warga Kutai Timur Jadi Investor, Bangun Ekonomi Daerah Berbasis Koperasi

waktu baca 4 menit
Keterangan foto: Peresmian Kantor Kopdit Pintu Air Cabang Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Selasa, 22 November 2022.

KSP Kopdit Pintu Air meresmikan kehadiran Kantor Cabang KSP Kopdit Pintu Air ke-57 di Kota Sanggata pada tanggal 22 November 2022 di Kecamatan Sangata Utara, Kabupaten Kutai Timur.

Pada acara peresmian tersebut, Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air Yakonus Jano menyampaikan, ucapan syukur dan berterima kasih karena lembaga yang awalnya dimulai 50 orang warga kampung di Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur akhirnya juga bisa hadir dan melayani masyarakat kabupaten Kutai Timur setelah 27 tahun berkiprah.

Menurut Yakobus Jano, Pilihan ke Kutai Timur dikarenakan daerah ini adalah daerah yang kaya rasa dari sisi potensi sumber daya alam yang bisa digerakan secara lebih bijak dan cerdas menjadi kekuatan untuk mengangkat hajat hidup orang banyak melalui koperasi kredit.

“Daerah ini sekilas terlihat kaya raya, luas dan sangat berpotensi untuk dikolaborasi bersama pemerintah daerah dan para pihak termasuk gerakan koperasi kredit untuk memberi ruang kepada masyarakat berusaha, membangun ekonomi keluarga melalui akses pembiayaan berbunga murah dan jauh dari rentenir,” ujarnya.

Lanjut Yakobus Jano, Pintu Air sebagai salah satu koperasi besar secara nasional saat ini harus memberi andil dalam menggerakan ekonomi lokal dengan mengajak banyak orang di Kutai Timur menjadi investor, membangun ekonomi daerah berbasis koperasi.

Hanya dengan koperasi maka derajat kehidupan warga lokal terangkat, dia diakui, diberi ruang dan kepercayaan luas untuk mengelola ekonomi sendiri melalui wadah ini karena wadah ini adalah milik anggota.

“Koperasi itu pemiliknya adalah anggota dan kami ini hanya menjadi pelayan yang siap membantu memfasilitasi keperluan anggota yang adalah pemilik lembaga ini menjadi orang kaya; kaya jasamani dan rohani,” katanya

Yakobus berterima kasih kepada Wakil Bupati Kutai Timur atas dukungan dan kehadiranya juga semua anggota atas partsipasinya selama ini dan terus mengajak warga Kutai Timur untuk menjadi anggota Kopdit Pintu Air sekaligus memenuhi target lembaga yakni mencapai 1 juta anggota pada tahun buku 2025.

Yakobus yang adalah mantan karyawan sebuah bank nasional itu menjelaskan selama 27 tahun bersama Pintu Air, sudah ada 335.550 orang warga nusantara yang telah menjadi anggota tersebar di 57 kantor cabang di 20 provinsi di Indonesia dengan total asset saat ini Rp 1,7 triliun lebih.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutai Timur Dr. H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M menyatakan kekaguman dan apresianya kepada Romanus Woga yang katanya sungguh menginspirasi dan sebagai tokoh koperasi nasional yang mumpuni.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air Yakonus Jano

Terus terang, beliau luar biasa. Saya ingin belajar dan sungguh ingin tahu lebih banyak tentang koperasi kredit dan juga kapasitas interpersonal seorang Bapak Romanus yang luar biasa. Saya kagum dan ini sosok pemimpin yang jarang ada dizaman ini,” ujar Doktor Kasmidi Bulang.

Setelah mendengar kilas balik dan kisah panjang tentang Koperasi Kredit langsung dari tokoh kuncinya, Wabub Kasmidi juga mengajak seluruh warga Kabupaten Kutai Timur untuk bergabung dengan Koperasi Kredit Pintu Air.

Sungguh ini koperasi yang baik. Sangat tepat pilihan anda bergabung disini. Saya ajak warga diaspora NTT di Kutai Timur dan warga kabupaten Kutai Timur untuk mari kita bergabung dan membangun ekonomi dan usaha kelurga bersama Kopdit Pintu Air, “ ajaknya.

Dia juga berterima kasih kepada Ketua pengurus Yakobus Jano, pengawas dan manajamen Kodpit Pintu Air yang telah memilih untuk berinvestasi di Kabupaten Kutai Timur dan siap berkolborasi bersama pemerintah memajukan ekonomi warga lokal.

Acara peresmian Kantor Kopdit Pintu Air Cabang Sangatta tersebut berlangsung meriah dan sukses.

Acara didahului Misa Syukur dan pemberkatan kantor yang dipimpin penasehat Rohani Kopdit Pintu Air Pater Dr. George KircBerger,SVD dan Pater Emanuel Fay, MSF dan koor dari Komunitas Pintar St. Marius Koba.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, para pejabat lingkup Kabupaten Sangatta, Camat, Lurah dan Anggota DPRD kabupaten Sangatta, pejabat Dinas Koperasi Kutai Timur, Ketua Peguyuban NTT di kabupaten Kutai Timur Ewaldus Doi, mitra gerakan koperasi kredit dan lembaga jasa keuangan, serta ratusan anggota dan tamu undangan.

Turut menyaksikan Ketua Pengawas Bernabas Hening, General Manager KSP Kopdit Pintu Air Gabriel Pito Sorowutun, Penasehat Wakil Ketua III Vinsensius Deo, Sekretaris II Tonceanus Jawa bersama staf sekretariat Tarsisius Aman, Getrudis Lake serta awak media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *