Kopdit Pintu Air Cabang Sangatta Miliki 1.080 Anggota dan Aset Rp 8 Miliar Lebih

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Peresmian Kantor Kopdit Pintu Air Cabang Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Selasa, 22 November 2022.

Ketua Komite Kantor Cabang Sangatta, Yulius Nong Plea pada acara peresmian Kantor Cabang KSP Kopdit Pintu Air ke-57 di Kota Sanggata pada tanggal 22 November 2022, mengatakan, saat ini sebanyak 1.080 orang warga Kota Sangatta di kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur telah menjadi anggota KSP Kopdit Pintu Air, Rotat-Indonesia.

Lanjutnya, dari jumlah itu sekitar 60% adalah para butuh pekerja sawit dan tambang batubara, sisanya 20% adalah pelaku UMKM, serta 20 persen lainnya adalah karyawan swasta dan ASN.

“Profil anggota kita didominasi oleh petani/buruh pekerja sawit dan tambang batubara sekitar 60%, pelaku UMKM di Kota Sangatta 20% dan sisanya 20% adalah karyawan swasta/perusahan, PNS dan lainnya,” ujar Yulius didampingi Wakil Ketua Komite Mayolus.

Menurut Yulius, sejak masuk Sangatta tahun 2018, kopdit Pintu Air secara perlahan mencoba melakukan sosialisasi dan mengajak warga Kabupaten Kutai Timur untuk bergabung menjadi anggota dan menikmati aneka produk dan fasilitas pelayanan Pintu Air.

Dari proses itu, selama kurang lebih 4 tahun sudah ada 1.080 orang yang bergabung menjadi anggota dan menikmati fasilitas produk simpanan, pinjaman dan juga dana solidaritas yang ada di Kopdit Pintu Air.

Saat ini total asset yang dimiliki adalah sebesar Rp 8 miliar lebih dengan rincian simpanan saham Rp 4,5 miliar, non saham Rp 3,5 miliar dan pinjaman yang beredar sebesar Rp 5 miliar lebih.

Dengan profil dan data keanggotaan seperti itu maka Kantor Cabang Pembantu (KCP) sudah memenuhi syarat untuk dinaikan statusnya dari KCP menjadi Kantor Cabang penuh.

Adapun Kantor Pelayanan Kopdit Pintu Air Kabupaten Sangatta terletak dijalan Hidayatulah No.8 RT 04/RW 01 Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, kota Sangatta, kabupaten Kutai Timur

Manajer KCP Sangatta, Agnes Anggreni menjelaskan jangkauan pelayanan anggota di KCP Sangatta sangatlah luas dengan wilayah kerjanya hingga ke pelosok-pelosok.

Saat ini ia dibantu 7 orang staf pengelola yang terdiri dari 2 orang komite, kasir 1, AO 2 orang dan tenaga kontrak 2 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *