Pemda Lembata Raih Opini WTP dari Kemenkeu

waktu baca 2 menit

LEMBATA – Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan RI.

Opini WTP ini diberikan karena Lembata berhasil menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Larantuka, Nengah Santi mewakili Menteri Keuangan memberi atensi positif bagi Pemda Lembata karena telah berupaya menyajikan data secara baik hingga mencapai WTP.

Penilaian WTP ini kata Nengah Santi, diberikan setiap tahun jika dokumen LKPD Lembata yang dilaporkan masuk kategori baik tanpa catatan.

Oleh karena itu Pemda Lembata diharapkan selalu berupaya agar capaian WTP ini bisa dipertahankan setiap tahun.

Dia juga menjelaskan, kinerja KPPN Larantuka terkait perkembangan realisasi penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa serta kinerja APBN Kabupaten Lembata diantaranya dari sisi pendapatan dan belanja negara, baik untuk Belanja Pemerintah Pusat maupun Transfer ke Daerah dan Dana Desa, yang dibandingkan secara year on year (yoy) dengan tahun 2021.

Penjabat Bupati Lembata, Marianus Jawa sendiri menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Keuangan melalui KPPN Larantuka atas capaian WTP itu.

Ia juga berterima kasih kepada jajarannya yang telah bekerja maksimal hingga memperoleh opini WTP di tahun 2021.

Namun, kata dia, penghargaan itu tidak bisa dinilai luar biasa, mengingat masih berkembang opini di tengah-tengah masyarakat yang menganggap bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata masih perlu meningkatkan tata kelola keuangan negara, meningkatkan integritas, dan menjauhkan diri dari perilaku koruptif.

“WTP bukan sesuatu yang harus dibanggakan, tetapi harus dilakukan,” sebut Marianus Jawa.

Marianus pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPPN Larantuka atas bimbingan, kerjasama, dan koordinasi yang sudah berjalan sangat baik. Sehingga tata kelola dan pengawasan, khususnya penggunaan dana desa dapat dipergunakan sebaik mungkin.

Sebagai informasi, piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Larantuka, Nengah Santi mewakili Menteri Keuangan kepada Penjabat Bupati Lembata, Marianus Jawa di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Lembata, Selasa, 15 November 2022.

Acara penyerahan piagam penghargaan disaksikan para pejabat lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Lembata dan para pimpinan OPD se-Kabupaten Lembata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *