Operasi Gabungan Tim PORA di PLTPB Sokoria, Ende, Tidak Ditemukan Pelanggaran

waktu baca 2 menit
Keterangan foto:Pose bersama tim operasi gabungan di Kabupaten Ende.

ENDE-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, melaksanakan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Ende.

Operasi gabungan ini dalam rangka pengawasan kegiatan dan dokumen Warga Negara Asing di wilayah Sokoria.

Operasi Gabungan dilakukan oleh TIMPORA yang beranggotakan: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ende, Kodim 1602 Ende, Polres Ende, Kejaksaan Negeri Ende, Kementerian Agama Kabupaten Ende, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Ende, Pos TNI AL, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Binda di wilayah Kabupaten Ende.

Opsgab diawali dengan taklimat di Kantor Kesbangpol Kabupaten Ende untuk saling memberikan informasi awal dan perencanaan operasi gabungan.

Opsgab ini dilakukan pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sokoria, Kabupaten Ende, dimana terdapat 2 Tenaga Kerja Asing yang berkerja di lokasi PLTP tersebut.

Keterangan foto:Operasi gabungan tim PORA pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sokoria.

Dalam rilis Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Kamis (17/11/2022) disebutkan, tim operasi gabungan kemudian melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dan aktivitas WNA tersebut sesuai dengan bidang masing-masing. Tidak ditemukan pelanggaran baik administrasi maupun lainnya.

Kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pertumbuhan/perkembangan ekonomi di wilayah Kabupaten Ende, namun tetap perlu diawasi.

Sebagai bentuk penegakan kedaulatan negara, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) ditujukan untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional, khususnya wilayah Kabupaten Ende dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara serta keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *