Dalam Waktu Dekat, Proyek Jalan PEN di Lebatukan Lembata Dirabat Beton

waktu baca 3 menit
Keterangan foto: Para tukang sedang mengerjakan talud di segmen Banitobo, kecamatan Lebatukan. Foto oleh: Teddi L.

LEMBATA – Proyek pekerjaan talud jalan dari segmen desa Lerahinga-Banitobo sampai segmen Ilowutung di kecamatan Lebatukan yang bersumber dari dana PEN dipastikan rampung dalam waktu dekat.

Meski beberapa waktu lalu talud di segmen Banitobo ambruk ditindih mobil truk namun sekarang sudah diperbaiki sesuai spek pekerjaan.

Hal itu dikatakan Domi Klore, kepala tukang yang mengerjakan talud jalan di segmen desa Banitobo ketika ditemui wartawan di lokasi proyek desa Banitobo, Senin 3 Oktober 2022 siang.

“Saat itu kita baru kerja, sorenya ban mobil truk serempet maka rubuh, karena itu juga masih basah,” katanya.

Menurut Domi, saat ini mereka sedang menyelesaikan sisa talud di segmen Banitobo.

Dia juga katakan, campuran material pasir dan semen yang digunakan adalah 5×1. Karena itu ia menilai, hasil pekerjaan pasti kuat dan tahan lama.

Hal yang sama dikatakan Tobi Nubatonis, kepala tukang yang mengerjakan talud jalan di segmen desa Ilowutung.

Menurut dia, material batu dan pasir yang mereka gunakan untuk membuat talud sudah sesuai kontrak proyek. Dan sebut dia, kualitas talud yang ada juga pasti bermutu.

Tidak hanya itu, dengan melihat pekerjaan yang ada, dia menuturkan bahwa pekerjaan rabat beton untuk produk akhiri dari proyek itu dalam waktu dekat akan dikerjakan.

“Semua sudah mau selesai, habis itu kami cor beton,” ujar Tobi ketika ditemui terpisah oleh wartawan di Ilowutung, Senin 3 September 2022 siang.

Sementara itu, Aci Leli selaku kontraktor pada proyek itu mengatakan kalau pihaknya mengerjakan 19 segmen sepanjang 3,4 kilometer dari total 8 kilometer panjang jalan ruas Lerahinga-Banitobo sampai Ilowutung.

Dia menuturkan, untuk proyek talud jalan pihaknya membagi dalam lima kelompok pekerja.

Dari kelima kelompok itu pihaknya juga merekrut para pekerja lokal dari beberapa desa di wilayah Lebatukan.

“Supaya masyarakat di sekitar bisa dapat kesempatan kerja, ini bagian untuk kami berdayakan mereka,” pungkasnya.

Terhadap ini, Aci Leli sendiri menjamin bahwa kualitas talud yang mereka kerjakan sudah pasti tahan lama.

Dan untuk itu kata dia, dalam waktu dekat dirinya sebagai kontraktor dari CV Lembata Jaya akan menyelesaikan pekerjaan terakhir yakni rabat beton.

Semua segmen jalan yang masuk dalam daftar pekerjaan mereka itu akan di rabat beton. Semua material dan alat berat untuk finishing rabat beton juga sudah ada di lokasi proyek.

Selaku penanggung jawab proyek, Aci Leli berharap dukungan masyarakat di kecamatan Lebatukan. Dia juga menjamin bahwa proyek yang mereka kerjakan itu bakal rampung tepat waktu.

“Hanya lima bulan saja sesuai kontrak, tapi kami upayakan agar selesai tepat waktu,” tandasnya.

Sebagai informasi, proyek jalan yang dikerjakan oleh CV Lembata Jaya ini bersumber dari dana PEN sebesar Rp 5.691.906.362 dari total Rp 225.000.000.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *