Pimpin Sertijab Danlanal Maumere, Ini Pesan Danlantamal VII

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Upacara serah terima jabatan Danlanal Maumere, Sabtu (23/09/2022) pagi.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII (Danlantamal), Laksamana Pertama, Yudho Warsono memimpin langsung upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Maumere, di lapangan Mako Lanal Maumere, Sabtu, (23/9/2022). 

Jabatan Komandan Lanal Maumere diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi kepada Kolonel Laut (P) Ady Darmawan yang sebelumnya bertugas di Mabes TNI Jakarta sebagai Kepala Bidang Evaluasi Data, Pusinfomar TNI. Sementara Kolonel Dwi Yoga menempati posisi ⁹ jabatan yaitu sebagai Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VIII Manado.
 
Danlantamal VII Kupang, Laksamana Pertama, Yudho Warsono, dalam amanatnya, mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan realisasi dari regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis.

“Hal ini berkaitan erat dengan dinamika proses pembinaan organisasi maupun pembinaan personel, yang diharapkan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif untuk peningkatan kinerja organisasi.” Ungkap Danlantamal VII Kupang.

Selain itu, Ia berpesan kepada Danlanal yang baru untuk melaksanakan fungsi-fungsi yakni, menyusun dan melaksanakan rencana dan program pembinaan kemampuan Lanal beserta sarana dan prasarana pendukungnya.
 
Kemudian menyediakan fasilitas labuh dan penangkalan bagi satuan tugas KRI dan marinir. Melaksanakan pembekalan umum, bekal teknik dan bekal khusus kepada satuan tugas KRI.
 
Tugas selanjutnya, melaksanakan perawatan personil dan memberikan bantuan hukum kepada satuan tugas KRI. Melaksanakan operasi keamanan laut terbatas.
 
Kemudian melaksanakan koordinasi dan pengaturan pertahanan pangkalan serta membantu proses penyelesaian perkara pelanggaran di laut serta menyelenggarakan pemberdayaan laut.

Ia pun berharap kepada Danlanal untuk mampu berperan secara optimal dan terus berupaya melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan tugas.
 
Kemudian melaksanakan koordinasi dan pengaturan pertahanan pangkalan serta membantu proses penyelesaian perkara pelanggaran di laut serta menyelenggarakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.
 
“Banyak celah di perairan Flores, Lembata dan Alor. Dari utara dengan pulau Sulawesi, dari barat yaitu Sumbawa dan dari Timur dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) yang memungkinkan menjadi jalur Imigran gelap dengan tujuan Australia. Penyelundupan barang, pengeboman ikan dengan bahan peledak dan kebakaran laut, “ ungkap Yudho Warsono.
 
Untuk itu, Ia mengingatkan untuk melaksanakan antisipasi dini serta koordinasi yang baik antar instansi terkait, serta laksanakan fungsi pembinaan dengan mengedepankan langkah persuasif.
 
“Laksanakan pengawasan yang optimal dengan menjadikan pos TNI AL sebagai mata dan telinga bagi pelaksanaan tugas operasi keamanan laut yang dilaksanakan oleh unsur KRI maupun KAL, “ ujarnya.
 
Danlantamal Yudho Warsono mengakui kinerja Danlanal Maumere, Kolonel Dwi Yoga Pariyadi yang telah melakukan banyak perubahan. Ia  juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas pengabdiannya selama menjadi Danlanal Maumere.
 
“Secara objektif harus kita akui bahwa upaya untuk lebih meningkatkan kinerja Lanal Maumere telah banyak dilakukan dan menghasilkan peningkatan yang positif. Untuk itu, saya atas nama pemimpin TNI AL dan sekaligus atas nama pribadi mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut, Dwi Yoga Pariyadi atas dedikasi dan loyalitas serta pengabdian selama menjabat sebagai Komandan Lanal Maumere, “ ungkapnya
 
Selain itu, Danlantamal juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Ibu Eka Mahdalina Yoga atas pengabdian dan kesetiaannya  sebagai istri dalam mendampingi serta mendukung Danlanal selama bertugas di Lanal Maumere.
 
Hadir dalam upacara tersebut, Aspers Danlantamal VII, Asops Danlantamal VII, Kadiskum Lantamal VII, Danlanal Mataram, Danlanal Pulau Rote, Danlanal Labuan Bajo, Dan KRI Escolar 871, Bupati Sikka, Wabup Sikka, Kapolres Sikka, Kakansar Maumere, Forkopimda Sikka, Pejabat BUMN/BUMD, GM. Pelindo Maumere serta tokoh agama dan tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *