Peduli Pendidikan di Wilayah Pesisir, Yayasan PIM Luncurkan Program Kapal Sekolah di Mabar

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Anak sekolah di wilayah pesisir Manggarai Barat. Dok.Pribadi.

LABUAN BAJO – Mengatasi kemiskinan masyarakat pesisir, Yayasan Panji Ibrahim Muhammad (YPIM Foundation) meluncurkan program School Boat (Kapal Sekolah) Indonesia di Manggarai Barat. Program kapal sekolah tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pesisir.

Program tersebut Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi pilot project.

Meralda Adam, inisiator program kapal sekolah yang bernaung dibawah YPIM Foundation mengatakan, program School Boat Indonesia dirancang untuk memfasilitasi anak pesisir agar tidak putus sekolah.

“Ide program ini terinspirasi dari pengalaman saya mengunjungi Kampung Kerora di Pulau Rinca. Hanya ada 1 (satu) Sekolah Dasar di sana dan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat berikutnya, mereka harus menyeberangi lautan dengan arus kencang yang sangat berbahaya,” katanya melalui press rilis yang diterima media ini pada, Rabu (21/09).

Situasi tersebut lanjutnya lebih buruk lagi karena tidak adannya kapal khusus untuk antar jemput anak-anak sekolah

“Situasi ini diperburuk oleh tidak adanya kapal khusus untuk antar jemput, sehingga anak-anak harus berpisah dengan orang tua dan tinggal bersama tetangga di Kampung Rinca agar lebih dekat dengan sekolah,”tambahnya.

Meralda menjelaskan, kemiskinan yang terjadi pada masyarakat pesisir antara lain disebabkan oleh rendahnya pendidikan, akses ekonomi, dan kebijakan pemerintah yang belum secara merata.

“Salah satu cara untuk memutus mata rantai kemiskinan di wilayah pesisir adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan”ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa program Boat School atau kapal sekolah Indonesia merupakan program berbasis masyarakat yang berprinsip pada kolaborasi dengan masyarakat agar mampu menciptakan dampak yang luas.

Selain itu, program kapal sekolah tersebut, juga dimotori oleh We Thrive Social Impact Creative Agency yang merupakan perusahaan yang membantu mengkampanyekan program sosial yang berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Kami tergerak untuk mendukung Program School Boat Indonesia karena pendidikan merupakan salah satu tujuan SDGS yang kami fokuskan. Pendidikan merupakan upaya menyiapkan SDM berkualitas untuk bisa mewujudkan kehidupan yang lebih baik. SDM yang berkualitas bisa membawa Indonesia ke arah kemajuan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *