34 Desa Persiapan di Sikka Definitif, Tinggal Menunggu Kode dari Dirjen Bina Pemdes

waktu baca 2 menit
Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sikka, Fitrinita Kristiani.

MAUMERE – Sebanyak 34 desa persiapan yang dimekarkan dari 34 desa induk di Kabupaten Sikka ditetapkan menjadi desa definitif dan tinggal menunggu kode desa dari Dirjen Bina Pemerintah Desa.

Kode dari masing-masing 34 Desa itu, paling lambat akan dikeluarkan oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa di akhir Bulan September 2022. Selanjutnya akan dibahas oleh pemerintah dan DPRD Sikka.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sikka, Fitrinita Kristiani kepada media ini Senin (5/9) siang, terkait perkembangan 34 desa persiapan di Kabupaten Sikka.

“34 desa persiapan di Sikka sudah definitif. Tinggal menunggu kode dari Dirjen Bina Pemerintah Desa yang akan dikeluarkan paling lambat akhir September 2022,” kata Kadis PMD Sikka.

Setelah mendapatkan kode dari 34 Desa tersebut, akan dibahas selanjutnya oleh pemerintah dan DPRD Sikka, sehingga status 34 desa itu sudah sama dengan 147 desa lainnya yang sudah ada.

Dimana dari masing masing 34 desa itu, sudah harus memiliki kepala desa definitif pada tahun 2023 mendatang. Dengan demikian, sudah memiliki anggaran tersendiri dan terlepas dari Desa Induk.

“Jadi kita upayakan, di tahun 2023 mendatang, masing masing dari 34 Desa itu sudah memiliki kepala desa definitif dan terlepas dari Desa Induk,” kata Fitri.

Diketahui ke 34 Desa Persiapan itu dituangkan dalam Keputusan Bupati Sikka Nomor 27 Tahun 2017 tanggal 10 Agustus 2017 tentang pembentukan 34 Desa Persiapan.

SK Bupati Sikka itu untuk menjawab proposal permohonan masyarakat dengan pertimbangan pendekatan pelayanan dan pemerataan pembangunan.

Ratusan proposal yang diterima pemerintah sejak tahun 2012, semuanya diteliti, dinilai dan diuji. Hasilnya diperoleh 34 permohonan dinilai layak, berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa.

Kontributor : Athy Meaq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *