Resmi Dilaunching, KPU Siap Sukseskan Pemilu di Lembata

waktu baca 3 menit
Foto : Ketua KPUD Lembata, Elias Keluli Making, saat memberikan sambutan dalam acara launching pelaksanaan Pemilu 2024. Foto : Teddy L

LEMBATA, FLORESPEDIA.ID – Tahapan pemilu di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi di launching pada Selasa (14/6) malam.

Acara launching berlangsung daring, dipimpin Ketua KPU Pusat di Jakarta dan diikuti oleh semua KPU seluruh Indonesia serta sejumlah pimpinan partai politik di Lembata.

Menurut Ketua KPU Lembata Elias Keluli Making, tahapan ini dilaksanakan terpusat di KPU RI bersama KPU kabupaten sementara stakeholder lainnya diwajibkan untuk mengikuti secara daring.

Ia menuturkan, ada dua pemilu yang akan dihadapi rakyat di Indonesia secara serentak pada Februari tahun 2024 yakni Pemilu, Presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten, disusul Pemilihan Gubernur, Bupati/Walikota pada November 2024 mendatang.

“Launching tahapan pemilu 2024, sesuai UU Nomor 3 tahun 2022. Tujuannya, hari ini KPU secara Nasional termasuk KPU Kabupaten Lembata, ingin menggaungkan tahapan pemilu secara bersama. Kedua, Launching tahapan pemilu 2024 ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa KPU, Bawaslu dan DKPP siap menyukseskan seluruh tahapan pemilu,” ungkap Keluli Making.

Lebih jauh, kata Elias, peluncuran dilaksanakan serentak secara nasional ini bertujuan untuk menggaungkan bahwa pemilu akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Sebagai penyelenggara pemilu, KPU juga sudah siap menyelenggarakan pemilu. Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat, partai politik, pemerintah daerah dan lembaga DPRD.

Elias menuturkan masyarakat perlu siap menghadapi perbedaan dalam pilihan politik. Namun, yang paling penting ialah perbedaan politik tetap dalam nuansa demokrasi.

“Kita boleh berbeda tapi tidak boleh ada perpecahan. Berbeda untuk demokrasi,” tandas Elias.

Pada tahun 2022, katanya, setidaknya ada beberapa tahapan pemilu yang akan dilewati.

Tahapan pertama, pendaftaran dan verifikasi partai politik pada bulan Juli-September.

Tahapan kedua, penetapan jumlah kursi dan penataan daerah pemilihan (dapil) pada bulan Juli.

Tahapan ketiga, penetapan partai politik peserta pemilu pada bulan Oktober dan pencalonan daftar pemilih tetap (DPT) pada bulan Desember nanti.

KPU Lembata sendiri meminta dukungan pemerintah, parpol, DPRD dan seluruh masyarakat untuk menyukseskan pemilu, 14 Februari 2024.

Semestinya suasana Launching tahapan pemilu 2024 dilaksanakan di halaman kantor KPU namun karena hujan lebat, terpaksa dilaksanakan di dalam ruangan aula.

“Kita ingin launching kita laksanakan dengan meriah, namun situasi darurat menyebabkan acara dilaksanakan dalam ruangan. Saya sampaikan terimakasih kepada kawan kawan staf, sudah dengan luar biasa mengatasi situasi emergensi,” ungkapnya.

Pelaksanaan peluncuran tahapan Pemilu 2024 ini dihadiri perwakilan dari 5 Partai Politik peserta Pileg 2019 ditambah 2 Partai politik pendatang baru yakni Partai Garuda dan Partai Kebangkitan Nusantara.

Adapun Partai Politik yang hadir, Ketua DPC Hanura, Ketua DPC PPP, Ketua DPC PKN, perwakilan dari DPD Partai Nasdem, DPD PAN, DPC Partai Garuda, DPD Golkar dan perwakilan DPC PDIP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *