Bank NTT Gelontorkan Sejumlah Bantuan Bagi Masyarakat Lembata

waktu baca 3 menit

Sejumlah bantuan diserahkan Bank NTT kepada masyarakat kabupaten Lembata, Kamis (7/4) di pasar Pada Lewoleba. Foto : B. Aloysius

LEMBATA, FLORESPEDIA.id – Terobosan luar biasa dilakukan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat untuk membangkitkan perekonomian masyarakat NTT menjadi lebih baik dengan membebaskan masyarakat dari belenggu rentenir.

Terhadap ini, Pemerintah Provinsi NTT bersama OJK Provinsi NTT dan Bank NTT mendesain suatu skema pembiayaan keuangan bagi masyarakat yang diberi nama Kredit Mikro Merdeka.

Di Lembata, Direktur Utama Bank NTT Alex Riwu Kaho menyerahkan secara simbolis bantuan Kredit Mikro Merdeka kepada tiga orang.

Bantuan akses modal itu diserahkan untuk mendukung usaha di sektor pertanian. Masyarakat yang mengakses kredit ini bisa merdeka dari Bunga, merdeka dari Agunan, dan merdeka dari Rentenir.

Model pembiayaan baru Bank NTT ini juga bertujuan memudahkan para pelaku usaha mikro memperoleh permodalan secara Mudah, Murah dan Cepat.

Sedikitnya, Bank NTT sudah menyalurkan Rp.14.091.012.500 Kredit Mikro Merdeka untuk 2.566 pelaku usah di 23 kantor cabang di NTT.

Sementara itu, total penyaluran Kredit Mikro Merdeka Bank NTT di kantor Cabang Lewoleba sebesar Rp.697.000.000 dengan jumlah debitur sebanyak 135 orang.

Tidak hanya itu, Dirut Alex Riwu Kaho pun menyerahkan secara simbolis Sertifikat Pelatihan kepada 23 karyawan Cafe yang selama ini bekerja di pantai Wisata Hadakewa.

Mereka mendapat pelatihan cara pelayanan, pelatihan memasak, higienis, hingga penyajian atau food plating dari Chef Jojo di Restoran Seafood Suka Ramai Kupang.

“Untuk meningkatkan standarisasi kuliner yang ada pada Wisata Pantai Hadakewa, Bank NTT memberikan pelatihan untuk pengembangan SDM kepada 23 pegawai cafe yang ada di pantai Hadakewa,” tulisnya dalam laporan yang diterima media di Lewoleba, Kamis (7/4).

Bank NTT juga menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Kesehatan kepada Desa Hadakewa sebagai desa binaan Bank NTT.

Bantuan CSR sebesar Rp.75.000.000 sebagai wujud dukungan bank NTT untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung di desa binaan Hadakewa.

“Desa Hadakewa yang merupakan Juara II Festival Desa Binaan Bank NTT Tahun 2021,” tulisnya.

Tidak hanya itu, Dirut Riwu Kaho pun menyerahkan Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) khusus untuk kalangan pelajar.

Tabungan SIMPEL dicetuskan oleh pemerintah dan diawasi oleh OJK dan memiliki beragam manfaat bagi anak sekolah.

SIMPEL memberikan pengalaman belajar untuk membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan sejak dini.

Tiga orang siswa, SD, SMP dan SMA masing-masing menerima bantuan SIMPEL Bank NTT ini.

“Menabung di Bank NTT merupakan partisipasi nyata membangun NTT,” tulisnya.

Untuk diketahui, sejumlah bantuan yang diserahkan Bank NTT ini bertepatan dengan Kunjungan Kerja Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan rombongan Setda Provinsi NTT di Pasar Pada, Kecamatan Nubatukan, Kota Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis 7 April 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *