Dukung Pembangunan Lembata, Bank NTT Gelontorkan Rp 75 Juta untuk Pariwisata Desa Hadakewa

waktu baca 3 menit

Keterangan : Kepala Bank NTT Cabang Lewoleba, Petrus Soba Lewar (kanan) menyerahkan bantuan CSR kepada BUMDES 7 Maret Hadakewa. Foto : Istimewa

LEMBATA, FLORESPEDIA.id – Untuk mendukung pembangunan dan pengembangan usaha, Bank NTT memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada BUMDES Hadakewa, Kabupaten Lembata.

Dana CSR senilai Rp.75.000.000 itu diserahkan langsung oleh Kepala Cabang Bank NTT Lewoleba, Petrus Soba Lewar kepada Kepala Desa Hadakewa Klemens Kwaman di pantai wisata Hadakewa, Sabtu (26/3) malam.

Menurut Petrus Soba Lewar, pantai wisata Hadakewa yang selama ini dikelola BUMDES 7 Maret tersebut merupakan proyek binaan Bank NTT Cabang Lewoleba.

Oleh karena itu, Petrus memandang penting menghadirkan Bank NTT dalam bentuk pemberian dana bantuan CSR guna mendukung aktivitas usaha BUMDES.

“Bantuan itu diperuntukkan untuk pembuatan MCK di pantai wisata Hadakewa dan semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung wisata pantai Hadakewa,” ungkap Petrus Soba Lewar usai menyerahkan bantuan tersebut.

Petrus menuturkan, desa Hadakewa layak mendapat dana bantuan CSR, sebab semua transaksi dalam kawasan wisata besutan BUMDES itu sudah menggunakan sistem Non Tunai, termasuk di dalamnya ada transaksi keuangan desa.

“Tahun kemarin Hadakewa dapat peringkat juara, makanya layak terima CSR ini,” ujar Petrus Soba Lewar.

Di tahun kemarin, kata Petrus, BUMDES  sudah menggunakan transaksi keuangan melalui Barcode yang terpasang di area parkiran dan area pantai wisata. Dan kedepannya, Bank NTT juga akan menyiapkan salah satu kanal pembayaran baru untuk pantai wisata Hadakewa dalam bentuk Merchant Edisi.

“Sekarang sudah ada di kantor Bank NTT Cabang Lewoleba sehingga pada Senin mendatang kami sudah bisa operasikan di tempat ini,” terangnya.

“Setiap nasabah yang datang, kalau sudah punya Merchant Qris bisa langsung digunakan, tapi jika hanya menggunakan ATM maka bisa menggunakan Merchant Edisi.

“Kami Bank NTT Cabang Lewoleba akan terus bekerja sama dengan BUMDES pantai wisata Hadakewa untuk melengkapi kekurangan dalam pembangunan,” terangnya.

Sementara itu Klemens Kwaman sendiri mengatakan, kemitraan dengan Bank NTT adalah sebuah kehormatan.

Klemens berjanji bahwa anggaran tersebut akan dimanfaatkan semaksimal dimaksimal mungkin sesuai tujuan guna mendukung dan mendorong percepatan pertumbuhan pariwisata di Hadakewa.

“Kami tidak akan mengecewakan Bank NTT dan kemitraan itu selalu dibangun secara bersama karena bagi kami Bank NTT adalah sahabat sejati,” klaim Kades Klemens usai menerima bantuan CSR itu.

Kepala desa dua periode ini pun optimis dan terus melakukan inovasi yang produktif untuk mendukung usaha BUMDES dan pemberdayaan masyarakat.

Sektor pariwisata pantai Hadakewa, tambahnya, turut menghidupkan ekonomi masyarakat kecil di desa sebab dari sumber uang yang ada bisa diberdayakan dengan baik dan maksimal.

“Pihak kami terus mendorong sektor ini agar dari penghasilan yang ada, kami bisa menggaji para pekerja dengan standar UMR dan meski di tengah COVID-19,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *